Standard 7.3

7.3   Kerjasama

7.3.1 Jelaskan kebijakan dan upaya (pengelolaan serta sistem monitoring dan evaluasi)  kerjasama, dalam rangka mewujudkan visi, melaksanakan misi, dan mencapai tujuan dan sasaran institusi. 

Kebijakan pengelolaan, monitoring dan evaluasi kerja sama di UNPATTI di dasarkan pada Peraturan Rektor UNPATTI Nomor 1112/UN.13/LL/2012 tentang Pedoman Pengelolaan Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri di lingkungan UNPATTI.  Aktualisasi surat keputusan rektor ini dijelaskan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Nomor 01-SOP-20.2-2014, tentang prosedur mutu kerjasama. Berbagai upaya telah dilakukan UNPATTI untuk memastikan bahwa semua kerjasama sesuai dengan visi dan melaksanakan misi serta bagaimana relevansinya dalam menjawab tujuan dan sasaran universitas.

A. Mutu Kegiatan Kerjasama
Kebijakan dan upaya memelihara mutu kegiatan kerja sama UNPATTI dilakukan dengan cara yaitu :

  1. menetapkan indikator kerjasama yang jelas, sebagaimana dijelaskan di dalam standar operasional prosedur mengenai kualifikasi dan kuantifikasi peningkatan kerjasama dengan institusi pemerintah dan swasta.
  2. menghitung akumulasi Memorandum of Understanding/Perjanjian Kerjasama (MoU/PKS) kerjasama dalam negeri selama satu tahun, ditambahkan dengan MoU atau PKS pada tahun sebelumnya yang masih berlaku.
  3. menghitung akumulasi Memorandum of Understanding/Perjanjian Kerjasama  (MoU/PKS) kerjasama luar negeri selama satu tahun, yang ditambahkan dengan MoU atau PKS pada tahun sebelumnya yang masih berlaku.
  4. mengembangkan Sistem Informasi Kerjasama untuk mengolah data dan dokumen kerjasama berbasis teknologi informasi. Tujuan dari langkah ini, yaitu agar arsip-arsip dokumen kerjasama lebih terorganisir, memudahkan dalam penelusuran/temu kembali dokumen, ketersediaan data, backup dokumen, bisa terdokumentasi dan terpantau dengan baik oleh seluruh sivitas akademika dan pada gilirannya dapat dikembangkan untuk jaringan yang lebih luas.

Kegiatan kerjasama yang dilakukan UNPATTI, menghasilkan mutu relevansi, produktivitas, terealisasi dan keberlanjutan. Realisasi kerjasama  dimaksud adalah semua bentuk kegiatan yang melibatkan sivitas akademika UNPATTI dan lembaga mitra, baik secara institusional maupun secara individual.

Kerjasama yang dilakukan UNPATTI dibuktikan dengan adanya hasil kerjasama dalam bentuk barang maupun non-fisik dan juga adanya rencana tindak lanjut setelah penandatanganan MoU dan PKS dalam bentuk kegiatan-kegiatan ilmiah yang mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi di lingkungan UNPATTI. Kegiatan-kegiatan ilmiah tersebut berupa pendidikan dan penelitian bersama (joint research and lecturer exchange), kajian-kajian ilmiah seperti kegiatan seminar (joint seminar), diskusi publik, sarasehan, forum group diskusi (FGD), pembuatan naskah akademik, perancangan peraturan daerah, pelatihan sertifikasi guru, dan lainnya.

B. Relevansi kegiatan kerjasama
Suatu kerja sama yang ideal dan relevan, melibatkan penandatanganan MoU atau PKS dibarengi dengan pelaksanaan kegiatan sebagai bentuk implementasinya.  Berkaitan dengan hal ini, Rektor/Wakil Rektor/Pimpinan Unit/Sivitas Akademika UNPATTI menghadiri undangan kerjasama dari lembaga lain, menjadi pembicara di instansi lain, mengundang pembicara dari lembaga lain, menerima kunjungan dinas dari institusi lain (dalam negeri dan luar negeri), serta menjadi tuan rumah penandatanganan MoU/PKS.

Pada dasarnya kerjasama yang dilakukan ini merupakan suatu upaya untuk memperkenalkan potensi UNPATTI dalam bebagai hal menyangkut hasil-hasil pendidikan tinggi yang telah dicapai dan rencana pengembangannya, hasil penelitian maupun rencana pengembangannya dan pengabdian kepada masyarakat bagi mitra maupun calon mitra, baik swasta maupun pemerintah di tingkat daerah, nasional dan internasional. Kelanjutan hasil kerjasama yang diperoleh dari mitra kerja diinformasikan kepada staf akademis dan mahasiswa di lingkungan UNPATTI sesuai dengan keahlian masing-masing serta kualifikasi dan kompetensi yang diharapkan oleh mitra kerja.

Selain itu, indeks kepuasan mitra merupakan indikator mengenai relevansi kegiatan kerjasama, artinya relevansi kerjasama diukur berdasarkan indeks kepuasan pengguna lulusan dan indeks kepuasan pengguna kerjasama. Indeks kepuasan pengguna lulusan diukur dengan cara mengirimkan angket kepada pengguna lulusan, sedangkan indeks kepuasan pengguna kerja sama dilakukan dengan cara pembagian angket setelah suatu kegiatan kerja sama selesai dilakukan.

C. Produktifitas kegiatan kerjasama
Untuk menunjang kerjasama yang relevan serta berkeberlanjutan, UNPATTI terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan kerjasama dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka mencapai tujuan UNPATTI. Kerjasama ini mengikutsertakan dosen maupun mahasiswa dalam berbagai bentuk kegiatan kerjasama seperti joint research and lecturer exchangeproject cooperation, increase number of scientific publications, peningkatan jumlah mahasiswa penerima beasiswa unggulan. terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam hal kerjasama sehingga bisa bermanfaat dan mempunyai dampak besar terhadap keluarga besar UNPATTI maupun masyarakat luas.

Jumlah kerjasama UNPATTI di dalam negeri selama tiga tahun terakhir ini sebanyak 96 buah kerjasama, sedangkan jumlah kerjasama luar negeri sebanyak 24 buah. Semua kegiatan kerjasama UNPATTI dengan mitra harus memenuhi kesesuaian dengan berbagai kriteria yang telah disepakati bersama.

D. Keberlanjutan Kegiatan Kerjasama
Keberlanjutan kerjasama pada kedua mitra tersebut terus ditingkatkan dalam berbgai bentuk kegiatan yang menunjang pengembangan kegiatan akadamik maupun non-akademik, baik yang dilakukan di UNPATTI maupun di lembaga mitra kerjasama. Kegiatan tersebut berbentuk penelitian dan publikasi bersama (joint research and publications), seminar, pertukaran mahasiswa (student exchange), pelatihan-pelatihan, workshop, serta FGD, baik diselenggarakan di lingkungan kampus maupun diselenggarakan di luar kampus.

7.3.2 Tuliskan instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama* yang terkait dengan institusi perguruan tinggi dalam tiga tahun terakhir.

No.Nama InstansiJenis KegiatanKurun Waktu Kerjasama MulaiKurun Waktu Kerjasama BerakhirManfaat yang Telah Diperoleh
(1)(2)(3)(4)(5)(6)
1Mahkamah Konstitusi Republik IndonesiaPerkuliahan ilmu Hukum, pelatihan persidangan melalui Video Conference, penerbitan jurnal konstitusi, Obloran konstitusi, 20082013Peningkatan kualitas civitas akademika Fak. Hukum dalam bidang konstitusi, ketrampilan persidangan konsti tusi, penulisan jurnal konstitusi, serta kapasitas kualitas diskusi konstitusi,
2Badan penelitian Dan Pengembang an IndustriPendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan terapan dalam bidang industri hasil perikanan, peningkatan kemampuan SDM20082014Meningkatnya kualitas dan kapasitas SDM Dosen dan mahasiswa dalam bidang pengolahan dan indunstri perikanan melalui pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengem bangan terapan industri hasil perikanan
3Kepolisian Daerah MalukuBidang Pendidikan, Pelatihan, kajian, penelitian dan peningkatan SDM20092014Peningkatan kempuan bersama dalam bidang pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan peningkatan SDM bidang hukum dan Kepolisian RI.
4Universitas Hasanudian dan Pemerintah Daerah MalukuPeningkatan SDM dan Pendidikan Tinggi20092014Berdirinya Fakultas kedokteran UNPATTI, peningkatan kuantitas studi lanjut Dosen di bidang kedokteran
5Pemerintah Kab. Halmahera Barat, SPTK Banau Halmahera BaratPengembangan SDM Halmahera Barat20102015Peningkatan kemapuan pembelajaran Staf Dosen UNPATTI dalam pengembangan SDM
6Komisi Yudisial Republik IndonesiaKelembagaan Hukum, terutama Yudisial20112015Kapasitas dan kualitas pengelolaan lembaga Hukum pada Fakultas Hukum meningkat
7Badan Pertanahan Nasional R.I.Peningkatan SDM, Penelitian dan PKM dalam mewujudkan tanah bagi keadilan dan kesejahteraan rakyat20112014Peningkatan kualitas SDM, penelitian dan implementasinya dalam PKM tentang pertanahan guna mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat.
8Universitas Kristen Indonesia, JakartaPendidikan, penelitian dan PKM (Tridharma)20112016Peningkatan jenjang pendidikan staf Dosen dan mahasiswa kedokteran, peningkatan kualitas dan kapasitas penelitian dan PKM Dosen bid. kedokteran
9Universitas HasanudinPendidikan, penelitian dan PKM (Tridharma)20112016Peningkatan jenjang pendidikan Dosen; Kualitas dan kapasitas penelitian dan PKM Dosen meningkat
10PT Bank Syariah MandiriKerjasama Pembiayaan BSM Implan20112016Peningkatan jejaring kerjasama
11Fakultas Ilmu Dan Teknologi Kebumian Institut teknologi Bandung (ITB)Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat20112016Studi Banding dalam penyusunan kurikulum dan pembukaan PS Oesenografi; Sistem dan pengelolaan penyelenggaraan pendidikanOseanografi.
12Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas DiponegoroPendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat20112016Studi lanjut S3 Staf Dosen, dan Studi lanjut S2 lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pattimura, Usulan penerbitan jurnal staf UNPATTI
13Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan (BBPPI) Kementerian Kelautan dan Perikanan R.IPengembangan dan peningkatan mutu SD PK, termasuk SDM; konservasi, rehabilitasi dan pengendalian pemanfaatan SD PK; Pengembangan institusi dan sistem Monev perikanan tangkap; Pengem bangan PK secara bertanggung jawab; Desiminasi hasil rekayasa BBPPI dan hasil penelitian FPIK UNPATTI; Pemanfaat an sarana/prasaran serta pertukaran informasi; Pengem bangan dan pelaksa naan penelitian bersama dalam bidang perikanan tangkap.20112014Peningkatan kapasitas dan kualitas staf Dosen program Studi Pemanfaatan SD Perikanan dalam rekayasa alat tangkap ramah lingkungan melalui keikutsertaan dalam training dan workshop.
Peningkatan kualitas staf Dosen program Studi Pemanfaatan SD Perikanan Fak. Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPATTI dalam Stadarisasi Alat Penangkapan Ikan secara nasional.
14Lembaga Perlindungan Saksi dan korbanPendidikan, pengajaran serta pelatihan perlindungan saksi dan korban20122015Peningkatan kapasitas, kualitas mahasiswa Ilmu Hikum Fakultas Hukum dalam perlin dungan saksi dan korban
15Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM MalukuBidang Hukum dan HAM20122014Peningkatan kapasitas dan kualitas Civitas Fak. Hukum dalam bidang Hukum dan HAM
16Yayasan Ita Wotu NusaPendidikan, penelitian dan PKM (Tridharma)20122014Peningkatan kapasitas Civitas akademika dalam bidang Tridharma PT
17Badan Pemeriksa Keuangan dan pembangunanTata kelola PT, akuntabilitas pengelolaan keuangan20122016Peningkatan kemampuan dan kualitas tata kelola PT dan akuntabilitas pengelolaan keuangan
18PT. Jasa RaharjaKerjasama Kemitraan Kelembagaan (Rekruitmen Tenaga Capek JR)20122015Lulusan UNPATTI, yang dodominasi lulusan Fak. Ekonomi direkrut sebagai Capek dan pegawai Jasa Raharja
19PT. BTN Tbk.Bidang Perekrutan SDM20122014Lulusan UNPATTI direkrut sebagai pegawai perbankan
20Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.
(Perpanjang Kerjasama)
Pengelolaan Program Kerjasama Penyebarluasan Informasi Tentang Mahkamah Konstitusi dan Pengembangan Budaya Sadar Berkonstitusi20122017Peningkatan pengeloaan, pemanfaatan perangkat Video Conference; penyelenggaraan pendidikan Pancasila, konstitusi serta kewargaanegaraan dan Hukum Acara Mahkamah Konstitusi; penyelenggaraan obrolan konstitusi dan suara konstitusi di media massa cetak dan elektronik; penerbitan jurnal konstitusi; pengembangan mata kuliah dan materi Hukum Acara Mahkamah Konstitusi; penyelenggaraan training dan trainers Hukum Acara Konstitusi
21Yayasan Pendidikan Tinggi Botam-DoboPenyelenggaraan Program S-1 PS. Ilmu Pemerintahan Dan Program Studi Administrasi Niaga pada STIA Botam-Dobo.20122017Penyiapan Buku Ajar, Wokshop Silabus dan Kurikulum PS Ilmu Pemerintahan Dan PS Administrasi Niaga STIA Botam-Dobo
22Pelabuhan Perikanan Nusantara AmbonPendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat20122017Penelitian Penulisan Skripsi dan Tesis; Praktikum dan PKL Mahasiswa FPIK UNPATTI
23Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi MalukuPendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat20122017Penelitian dan kajian terapan dalam pengembangan bidang PK, termasuk pemanfaatan dan pengolahan hasil perikanan. Penyusunan Skripsi dan Tesis Mahasiswa FPIK UNPATTI, pendamping an dalam pelatihan pengolahan hasil perikanan.
24Pemerintah Kota AmbonPenelitian dan kajian terapan bidang PK, termasuk pemanfaatan dan pengelolaan SDA pesisir dan laut; Penelitain dan kajian terapan dalam mengelola lingk. pesisir dan laut serta desiminasi hasil-hasil penelitian; Pertukaran informasi; pendidikan dan pelatihan bagi pegawai dan staf.20132018Penyampaian informasi hasil dan produk kajian terapan ikan asap cair, Penempatan staf Dosen FPIK untuk menyusun dan mengelola program pengembangan pembangunan perikanan, pesisir dan laut Kota Ambon.
25Bappeda Kabupaten Seram Bagian BaratPendidikan, Penelitian dan PkM20092013Menunjang Kegiatan KKN Mahasiswa
Badan Kerjasama Dekan Fakultas Hukum PTN se IndonesiaPendidikan, Penelitian dan PkM20122015Pengembangan Kurikulum
26DPR RIPengembangan jejaring20102014Konsultasi kebijakan
27Komisi Pemberantasan Korupsi RIPelatihan20112015Pelatihan bagi mahasiswa tetntang bahaya narkoba dan antisipasinya
28BI Kancap AmbonPenelitian, PkM, pelatihan, beasiswa20102014Tersedianya beasiswa dan dana penelitian kompetitif
29Bappeda Kab. Maluku TenggaraPendidikan dan Penelitian serta pengabdian kpd masyarakat20112015Peningkatan kualitas SDM Kab, terlaksananya penelitian penelitian
30Bappeda Kab. Maluku Seram bagian BaratPendidikan dan Penelitian serta pengabdian kpd masyarakat20102014Peningkatan kualitas SDM Kab, terlaksananya penelitian penelitian
31Pemerintah Daerah MalukuPendidikan, penelitian dan pengabdian kpd masyarakat, beasiswa20102014Menunjang Kegiatan KKN Mahasiswa dan Pelaksanaan berbagai penelitian kebijakan
32DPRD MalukuPengembangan jejaring20092013Perluasan jejaring kerjasama
33Univ. Iqra BuruPendidikan, penelitian dan pengabdian kpd masyarakat20092013Kerjasama penelitian
34Univ. Pendidikan BandungPendidikan dan penelitian20112015Studi Banding dan Studi ke tingkat Doktoral
35Univ. Negeri MalangPendidikan dan penelitian20112015Meningkatnya jumlah
36Bank IndonesiaPenelitian, beasiswa, 20102014Tersedianya beasiswa bagi mahasiswa dan biaya pelaksanaan penelitian
37PT. Bank Mandiri TbkPendidikan dan beasiswa20102014Tersedianya beasiswa
38BPPN JakartaInventarisasi aset lembaga20102014Terinventarisasi dan Terdokumtasi aset UNPATTI
39Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Dep. Perindustrian RIPenelitian20092013Tersedianya kerjasama penelitian
40Badan Arsip Nasional IndonesiaPelatihan pengarsipan20102013Tertata arsip dengan baik
41BCA Cab. AmbonPendidikan20112014beasiswa
42Kementerian Negara Pemuda dan OlahragaPendidikan20112014Mendukung pendidikan olahraga dan seni, Bantuan sarana prasarana olah raga
43Akademi Keperawatan RS Dr. J.A. Latumeten AmbonPendidikan dan penelitian20112015Mahasiswa kedokteran dapat memanfaatkan fasilitas RS sebagai tempat penelitian
44Fak. Teknik UNHASPendidikan dan penelitian20112015Terjalinnya kerjasama penelitian
45ITS SurabayaPendidikan dan penelitian20112015Meningkatnya tenaga magister teknik kelautan di UNPATTI
46PT BNI 46Penelitian dan pendidikan20102014Bantuan sarana perhubungan bagi mahasiswa dan tenaga kependidikan, kartu mahasiswa digital
47TelkomselICT20122017Jasa bandwith, jaringan internet
48SKK MigasPendidikan20112014Kuliah Umum
49PT Pertamina Persero20112014Tersedianya beasiswa untuk mahasiswa
50LIPI JakartaPenelitian20092014Terjalinnya kerjasama penelitian dalam berbagai bidang
51LIPI AmbonPenelitian20092014Terjalinnya kerjasama penelitian mengenai kelautan
52Kementerian Kalutan dan PerikananPenelitian20092013Terjalinnya kerjasama penelitian kebijakan
53Universitas Pajajaran BandungPendidikan dan Penelitian20132016Terjalinnya kerjasama penelitian dan peningkatan kualitas SDM
54Fak. Kedokteran UNHASPendidikan dan Penelitian20092013Bantuan pendampingan bagi Fakultas Kedokteran
55Fak. Kedokteran UNAIRPendidikan dan Penelitian20092013Bantuan pendampingan bagi Fakultas Kedokteran, Hukum dan Teknik
56Fak. Peternakan UGMPendidikan dan Penelitian, pemberdayaan SDM20122014Kerjasama penelitian , meningkatkan kemampuan meneliti
57Kedutaan Besar Amerika JakartaPendidikan, penelitian dan pelatihan20122015Beasiswa, pelatihan kepustakaan dan jurnalistik
58PT. PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku UtaraPendidikan, Penelitian dan Pengembangan SDM20142016Kuliah Umum dan Penelitian Mahasiswa, Peningkatan Student Body
59Universitas Kristen Petra SurabayaPendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat20142017Kegiatan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa ke Industri.
60PT. Grandkartec JakartaPendidikan, Penelitian dan Pengembangan SDM20112013Magang Mahasiswa dan Dosen Fakultas Teknik.
Rekruteman Lulusan UNPATTI Sebagai Tenaga Kerja
61PT. Wijaya Karya (Persero)Kerjasama Bidang Teknologi20142015Pelaksanaan Program Praktek Kerja Lapangan
62PT. Pertamina (Persero), Institut Teknologi Sepuluh NopemberPendidikan, Penelitian, Sumber Daya Manusia dan Penerapan Teknologi di Bidang Energi20142019Keterlibatan Tenaga Pendidik UNPATTI dalam Kegiatan Survei Kilang Migas
63Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan AruPenyusunan Buku Kumpulan Data dan Status Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Kepulauan Aru 201420142014Terlibatnya SDM UNPATTI Dalam Kegiatan Penyusunan Buku
64Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas padjadjaranBidang Penelitian20142019Publikasi, Buku, HAKI, Produk dan model/sistem
65PT. Great Power NusantaraPenyusunan Dokumen AMDAL Kegiatan PLTU dan Fasilitas Pendukung Terminal Khusus PT.Great Power Nusantara di Opin Seram Utara-Maluku Tengah20152015Keterlibatan SDM UNPATTI dan Tersedianya Laporan Kajian sebagai referensi/Sumber Pembelajaran
66Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal RIKemitraan Dalam Tata Kelola Pembangunan Perdesaan Sehat di Daerah Tertinggal di Region Maluku20142015Terbangunan jejaring dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan LSM dan keterilibatan SDM UNPATTI dalam kegiatan Pengabdian kepada masyarakat terkait pembangunan perdesaan sehat
67Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan AruPenyusunan Buku Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kabupaten Kepulauan Aru20142014Terbangunan jejaring dengan Pemerintah Kabuapten Kepulauan Aru dan Keterlibatan SDM UNPATTI dalam Kegiatan tersebut, tersedianya buku kajian sebagai referensi/sumber pembelajaran
68PT. Sentosa PratamaPenyusunan Dokumen AMDAL HUPHHK-HT di Kabupaten Buru-Provinsi Maluku20142014Terbangunannya jejaring dengan pihak swasta, keterlibatan SDM UNPATTI dan tersedinaya dokumen AMDAL sebagai referensi/sumber pembelajaran
69PT. Gemala Borneo UtamaKegiatan Pemantauan Lingkungan Penambangan Emas di Pulau Romang20142016Terbangunannya jejaring dengan pihak swasta, terlibatnya SDM UNPATTI dalam kegiatan pemantauan lingkungan
70Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten JayapuraKegiatan Pembinaan Kelompok ekonomi Masyarakat Pesisir pekerjaan survei potensi model pengembangan wilayah pesisir20142014Terbangunannya jejaring dengan kabupaten lintas provinsi, terlibat SDM UNPATTI, tersedianya model, hasil kajian sebagai referensi/sumber pembelajaran
71Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota AmbonBidang Survei dan Penyusunan Databased Kondisi dan Sistem Pengelolaan Persampahan20142015Terbangunannya jejaring dengan pemerintah daerah, terlibatnya SDM UNPATTI, tersedianya data based, dan sistem persampahan sebagai referensi/sumber pembelajaran
72Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Buru SelatanKegiatan Analisis dan Penyusunan Pola Konsumsi dan Suplai Pangan20142014Terbangunan jejaring dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya SDM UNPATTI dan tersedianya dokumen analisis dan pola konsumsi dan suplai pangan sebagai referensi/sumber pembelajaran
73Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Buru SelatanPenyusunan Rancangan Umum Penanaman Modal di Kabupaten Buru Selatan20142014Terbangunannya jejaring dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya SDM UNPATTI dan tersedinya dokumen Rancangan Penanaman Modal sebagai referensi/sumber pembelajaran
74Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi MalukuKajian Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut di Provinsi Maluku20152015Terbangunnya jejaring dengan pemerintah provinsi, terlibatnya SDM UNPATTI dan tersedianya dokumen kajian dan protype turbin sebagai referensi/sumber pembelajaran dan penelitian lanjutan bagi dosen dan mahasiswa
75Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret SurakartaPengembangan Sistem Informasi20152015Tersedianya Sistem Informasi Portofolio Dosen, SMS Gateway, Anjungan, Legalisir, Pangkalan Data Fakultas, Wisuda dan Instalasi e-jurnal dan e-learning
76Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia MalukuBimbingan dan Pendampingan20152017Terlaksananya pengabdian masyarakat melalui pendidikan bagi warga binaan lapas, terlaksananya penelitia bagi akademisi dan mahasiswa, pertukaran informasi berkaitan dengan bimbingan konseling
77Universitas CendrawasihPendidikan, Penelitian dan Pengabdian20152019Pertukaran tenaga ahli khusus antara FKIP kedua universitas, pengembangan kapasitas tenaga pendidik UNPATTI
78Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian BaratKerjasama Kemitraan Penyelenggaraan Program S-1 Kependidikan Bagi Guru PGSD, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Sejarah20112015Terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI
79Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku TengahKerjasama Kemitraan Penyelenggaraan Program Sarjana S1 Bagi Guru Dalam Jabatan20142016Terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI
80Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku TenggaraPenyelenggaraan Program Sarjana S1 Kependidikan Bagi Guru dalam jabatan20142019Terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI
81Kepala SMA Negeri Siwalima AmbonPendidikan, Penelitian dan Pengabdian20142019Terbangunanya jejaring kemitraan dengan Unit Pendidikan/SMA, Terlaksananya pendidikan, penelitian dan pengabdian tenaga pendidik FKIP UNPATTI
82Pemerintah Kabupaten Seram Bagian TimurKerjasama Kemitraan Penyelenggaraan Program Pengembangan Pendidikan20132018Terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI
83Pemerintah Kabupaten Maluku Barat DayaKerjasama Kemitraan Dalam Penyelenggaraan Program Sarjana Bagi Guru Dalam jabatan20122017Terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI
84Pemerintah Kabupaten BuruPenyelenggaraan Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan20102015Terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI
85Pemerintah Kabupaten Kepulauan AruPemetaan Pendidikan Kabupaten Kepulauan Aru20142014Terbangunannya jejaring kemitraan dengan pemerintah daerah kabupaten, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI, tersedianya peta pendidikan di kabupaten sebagai referensi/sumber pembelajaran
86Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi MalukuSertifikasi Guru Dalam Jabatan 201520152015Terbangunannya jejaring kemitraan dengan lembaga penjaminan mutu pendidikan Provinsi Maluku, terlibatnya tenaga pendidik FKIP UNPATTI,
87PT. Pertamina (Persero)Pemetaan Sosial Program Corporate Responsibility & Comunity Development20142014Terbangunannya jejaring kemitraan dengan PT. Pertamina, terlibatnya SDM UNPATTI (Fakultas FISIP), tersedianya sosial maping sebagai referensi
88PT. Pertamina (Persero)Pemetaan Sosial Program Coporate Responsibility & Comunity Development20132013Terbangunannya jejaring kemitraan dengan PT. Pertamina, terlibatnya SDM UNPATTI (Fakultas FISIP), tersedianya sosial maping sebagai referensi
89Biro PKLN KemendikbudBeasiswa Bagi Mahasiswa2011201520 orang mahasiswa menerima beasiswa unggulan
90Fakultas Peternakan UGMPendidikan, Penelitian, Pemberdayaan SDM20122017Pengembangan SDM
91Dinas Pertanian Provinsi MalukuPenelitian20152015Pembangunan Industri Peternakan di Provinsi Maluku
92Dinas Pertanian Provinsi MalukuPenataan dan Pengembangan Tanaman Perkebunan (Sagu)20152015Hutan sagu alami dapat dijadikan pola pengusahaan kebun sagu sehingga tertata kawasan sagu yang produkstif
93Dinas Pertanian Provinsi MalukuSurvei dan Kajian Pengembangan Kemiri Sunan20152015Menyediakan data based tentang sifat fisik lahan dan agroklimat serta data dan informasi lainya di desa kajian Kecamatan Banda Kab. Maluku Tengah.
Menyediakan informasi dan kajian ilmiah (rekomendasi) sebagai acuan untuk pengambilan keputusan Dinas Pertanian Provinsi Maluku
94Dinas Pertanian Provinsi MalukuSurvei Potensi Tanaman Sagu di Kabupaten Buru, Buru Selatan dan SBB20152015Mendapatkan data terkait potensi tanaman sagu di Kabupaten Buru, Buru Selatan dan SBB
95Dinas Pertanian Provinsi MalukuSurvei Identifikasi dan desain kawasan tanaman pangan hortikultura, peternakan dan perebunan Maluku20152015Mendapat gambaran tentang lahan yang secara potensi tersedia untuk pembentukan sentra atau kawasan pengembangan komoditas fokus.
Menyediakan informasi dan kajian ilmiah (rekomendasi) sebagai acuan untuk pengambilan keputusan
96Balai Pengawas Obat dan Makanan AmbonMengikutsertakan mahasiswa dalam program Balai POM terkait dengan keamanan pangan2014sekarangMahasiswa terlibat dalam kegiatan Balai POM.
Mendapat informasi tentang keamanan pangan melalui Kuliah Umum

7.3.3. Jelaskan proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan dan hasil kerjasama serta waktu pelaksanaannya.

No.Nama InstansiJenis KegiatanKurun Waktu Kerjasama MulaiKurun Waktu Kerjasama BerakhirManfaat yang Telah Diperoleh
(1)(2)(3)(4)(5)(6)
1Maastricht School of Management ZeelandEducation of Economy Management20082013Improvement of economy management education area at economics Faculty
2Guangdong University of Foreign Studies, ChinaAcademic collaboration of educatuion, Research and extension Services20092014Improvement of lecturer and teaching methods quality
3University of KENT, Canterbury, UKJoint Research, Staff Exchange and Programme Development20112014Increasing of research ability and research program development for education strengthening
4CIRAD-CIFORCollaborative Land Use Planning in Seram Island, Central Moluccas regency20112014Happened regularity in land utilization by local government and society
5Tokyo University of Marine Science and Technology (TUMSAT), JapanColaboration of faculty and staff members for research, symposia and other academic pursuits; Exchange of students for study and reearch; and Exchange of data, documentation, and reaearch materials in fields of mutuals interest, taking cognizance of excisting policies of UNPATTI and TUMSAT 20122017In negotiation, discussion and breakdown of program plan and implemen tation activities of these three theme of coopera tion agreement between UNPATTI and TUMSAT
6Southern Cross University, New South Wales AustraliaEducational and research collaboration20122017Increasing of scientific publications
7USAID, Cheminics International, Inc.Leadership and management Capacity Building under The Higher Education Leadership and Management Project USAID/ Helm20122016in discussion and breakdown of program plan and implementa tion of certain capacity building activities as follow : 1. General administration and leadership; 2. Financial management; 3 Quality insurance; and 4. Collaboration with external stakeholders
8Deakin University, AustraliaAcademic staff coopera tion on collaborative research, lectures, and conference in area of interest; General academic collaboration including the exchange of educational resources materials and publications; Assess ment of units for credit for prior leadership for academic programs offered at each instituti on; Development and implementation of student and staff exchange programs; Indentification of special short-therm academic programs and projects of mutual benefit to both institutions; Develop ment of a doctoral pathway for staff members of CEISU?s member institution; Organisation and conduct of research conferences on topics of mutual interest. 20122017Sharing experience and capability in educational management, research and extension services society, including facilities inter university those included in this collaboration. The exchange of educational resources materials and publications, as well as Student and staff exchange programs.
9Hogeschool WindesheimCollaboration of Faculty and Staff members for research, simposium, seminar, workshop and other academic purposes; Exchange students and staff for study, researach and teaching experience. 20132017On going in negotiation, discussion and break down of program plan and implementation activities of these two themes of collabora tion agreement between Pattimura University and Hogeschool Windesheim
10Texas A&M University-USA Corpus ChristiFaculty and student exchange, Joint degrees, study abroad, collaborative research programs, seminars and workshops, and service programs20132016In discussion and breakdown of program plan and implementa tion activities of these collaboration agree ment between UNPATTI and Texas A&M University-Corpus Christi
11The Public Affairs Section of US Embassy, JakartaEstabish a public access information center with print and multimedia resources about the United State in central library of Pattimura Uiversity to be known as the ?American Corner20132015Already implemntated at Pattimura Univ. and felt its benefit in accessing the information relates to science, technology and art in supporting education, research and extention services
12RISH-KYOTO UNIVERSITYScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20132015The increasing of research collaboration, joint seminar, researcher exchange, and project cooperation
13KAGOSHIMA UNIVERSITYScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20132018Increasing number of scientific publications
14University of Florida, Gainesville-Florida USAScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20132016Scientist exchange
15Goulburn Ovens Institute of TAPE MelbourneScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20132016Scientist exchange
16AIMS Tasmania UniversityScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Joint research dan scientist exchange
17Melbourne University, AustraliaScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20112014Joint research
18Monash University, AustraliaScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Scientist exchange
19Charles Darwin University, AustraliaScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Joint research
20Goethe Institute, Jakarta-DAAD GermainScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, 20132016Student exchange
21University of Northampton, UKScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Joint Research and lecturer exchange
22Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of SingaporeScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, 20122015
23National University of SingaporeScientific Cooperation : Research, Joint Seminar,
24Hawaii UniversityScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Joint Research and Publications

Catatan : * Kerjasama di luar kegiatan magang, dokumen pendukung disediakan pada saat asesmen lapangan

7.3.4. Jelaskan proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan dan hasil kerjasama serta waktu pelaksanaannya.

Proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan hasil kerjasama telah dilaksanan UNPATTI. Monitoring dan evaluasi (selanjutnya disingkat monev) pelaksanaan hasil kerjasama bertujuan agar pelaksanaan kerjasama mencapai mutu dan kuantifikasi hasil serta ketepatan waktu penyelesaian sesuai perjanjian.

A. Proses Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama
Semua pelaksanaan kegiatan kerjasama di UNPATTI baik dalam negeri maupun negeri didasarkan pada Peraturan Rektor UNPATTI Nomor 1112/UN.13/LL/2012 tentang Pedoman Pengelolaan Kerjasama UNPATTI dalam negeri dan luar negeri.  Pelaksanaan monev hasil kerjasama dijelaskan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Nomor. 02-SOP-20.2-2014, tentang Monitoring dan Evaluasi mutu kerjasama UNPATTI yang telah dibuat oleh bidang kerjasama. Semua monitoringdan evaluasi (monev) kerjasama didasarkan pada peraturan rektor tersebut dan SOP yang telah dibuat oleh bidang kerja sama. Untuk setiap kerjasama yang dibangun dan dilaksanakan oleh UNPATTI dan mitra harus memenuhi kriteria/prasyarat sebagai berikut:

  1. memiliki komitmen untuk kerjasama yang saling menguntungkan
  2. mampu melaksanakan program kerjasama yang selaras dengan visi UNPATTI
  3. tidak boleh keluar dari kompetensi UNPATTI
  4. berpotensi dalam bidang terkait
  5. bersifat akuntabel (memberi informasi yang jelas)
  6. melakukan monev hasil pelaksanaan kerjasama

Berbagai dokumen kerjasama sudah disediakan/dibuat untuk melakukan kerjasama dengan mitraseperti Memorandum Of Understanding (MoA)/Perjanjian Kerjasama (PKS) atau kontrak kerja maupun berita acara kerjasama dengan mitra sehingga semuanya terdokumentasikan. MoA/kontrak kerja dilakukan antara pimpinan unit yang ada di UNPATTI dan pimpinan unit mitra. Berita acara kemitraan dapat ditandatanganioleh penanggung jawab kegiatan di Universitas dan penangung jawab kegiatan mitra,
Sebagai contoh kerjasama UNPATTI dengan KAGOSHIMA University di bidang pendidikan dan penelitian yang ditandatangani oleh kedua pimpinan instansi.

Dosen (atas nama Dr. Wardis Girsang) melakukan kegiatan magang selama 6 bulan di KAGOSHIMA University, dilanjutkan dengan riset bersama dan hasilnya di publikasi bersama. Kerjasama UNPATTI dengan Southern Cross University, New South Wales Australia, di bidang penelitian dan pengabdian bagi masyarakat, khususnya dengan Fakultas MIPA. Dokumen kerjasama ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi dan dekan Fakultas MIPA.   Penelitian bersama tentang kandungan dan pengaruh logam berat di perairan Buru.  Hasil penelitian di teruskan/masukan ke Pemerintah Daerah Provinsi Maluku maupun Kabupaten Buru, yang melahirkan rekomendasi untuk penutupan pertambangan emas tradisional di gunang Botak, pulau Buru.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 179C/UN13/SK/2013 tentang Tugas Pokok dan Fungsi International Office UNPATTI untuk melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kerjasama, maka proses monitoring yang dilakukan ialah dengan menghubungi para mitra berdasarkan data perjanjian yang sudah ada untuk diminta memberikanlaporan perkembangan/kemajuan dari setiap perjanjian kerjasama yang telah dilakukan.Selanjutnya dari data/laporan tersebut, dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi, mitra/pihak diundang untuk mendiskusikan perkembangan/kendala/ solusinya.

UNPATTI mengimplementasikan sistem monitoring dan evaluasi yang diatur dalam Quality Procedur sistem monitoring dan evaluasi program layanan masyarakat yang merupakan bagian dari implementasi Sistem Penjaminan Mutu (SPMI). Selain itu, pencapaian tujuan dan sasaran program kerjasama dilakukan melalui sistem monitoring dan evaluasi yang terimplementasi dalam bentuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah (LAKIP), baik pada tingkat universitas, fakultas, lembaga-lembaga dan unit-unit lain di lingkungan UNPATTI yang terlibat dalam berbagai kerjasama UNPATTI dengan mitra kerjasama dimaksud.
Untuk melaksanakan pekerjaan kerjasama yang tercantum pada MoA/PKS, unit pelaksana melaporkan berita acara kemitraan/kerjasama kepada bidang kerjasama di universitas. Bidang kerjasama universitas mengevaluasi dan membuat rekomendasi bagi kemitraan tersebut. Hasil kerjasama tersebut dipublikasikan dalam website UNPATTI (www.unpatti.ac.id) untuk diketahui oleh seluruh civitas akademik UNPATTI dan masyarakat luas.

B. Monitoring dan Evaluasi Hasil Kerjasama Secara Berkala
Semua dokumen hasil kerjasama dengan instansi lain/mitra diawali dengan kesepakatan UNPATTI dengan mitra, kemudian ditindaklanjuti dengan pembuatan MoA/PKS. Selanjutnya universitas mengadakan tindak lanjut dengan melaksanakan kegiatan yang tercantum di dalam PKS yang melibatkan semua unit yang ada di lingkungan UNPATTI, baik di bidang akademik dan bidang non-akademik serta bidang kemahasiswaan dan alumni.

Kerjasama atas inisiatif pihak UNPATTI telah dilakukan oleh dosen secara perorangan, tenaga administrasi/tenaga teknis secara perorangan, dan secara lembaga di lingkungan UNPATTI.  Rektor berdasarkan pertimbangan dari para Wakil Rektor terkait dan pihak inisiator, memberikan persetujuan dan menunjuk penanggung jawab kegiatan kerjasama.  Penanggung jawab berkewajiban melakukan monev kegiatan hasil kerjasama dengan cara mengadakan rapat secara berkala dengan tim pelaksana dan melaporkannya kepada Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi.  Monev hasil kerjasama disertai dengan umpan balik terhadap kerjasama yang sementara berlangsung antara kedua belah pihak  . Hal ini sangat penting untuk dilakukannya upaya peningkatan mutu program dan keberlanjutan kerjasama dimaksud.

Untuk kegiatan kerjasama khusus yang bersifat strategis, multi tahunan, multi disiplin atau dengan biaya relatif besar, Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi mengendalikan pelaksanaan kegiatan kerjasama dengan cara mengadakan rapat monitoring dan evaluasi secara berkala.  Selain itu Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Kerjasana, Perencanaan, dan Sistem Informasi, Dekan, Ketua-Ketua Lembaga dan Kepala UPT melakukan evaluasi tahunan seluruh kegiatan kerjasama untuk mengembangkan kerjsama. Untuk memperoleh askes terhadap hasil montiroing dan evaluasi kerjasama, maka dokumen tersebut selalu tersedia dalambentuk hardcopy yang dapat diakses melalui kantor Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem informasi.

C. Waktu Pelaksanaan Kerjasama
Lama waktu kerjasama tergantung pada macam kegiatan dengan tetap memperhatikan agar tidak mengganggu kegiaan proses belajar mengajar di universitas. Waktu pelaksanaan monev pelaksanaan dan hasil kerjasama dilakukan sekali per tahun, yaitu pada bulan November, dengan mengirimkan surat permintaan informasi tindak lanjut kerjasama kepada dekan/direktur/kepala/ketua di lingkungan UNPATTI. Hasil-hasil yang dicapai dibahas dalam rapat monev tersebut, dalam bentuk laporan perkembangan kerjasama beserta rekomendasi-rekomendasi yang dicapai kepada Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi.

Selain itu proses monev terhadap pelaksanaan dan hasil kerjasama dilakukan melalui rapat bersama pada setiap pertengahan dan akhir dari kegiatan kerjasama. Dalam rapat tersebut semua pihak yang bertanggung jawab untuk dihadirkan dan membahas hasil dari kegiatan yang telah dilakukan dan kendala yang dihadapi, sebagai bahan evaluasi kerja sama di masa yang akan datang.

D. Kemudahan Akses Hasil Monitoring dan Evaluasi Kerjasama
Pelaksanaan kerjasama UNPATTI baik kerja sama dalam negeri maupun kerja sama luar negeri dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan mulai pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dosen maupun tenaga kependidikan, dan para mahasiswa pada website UNPATTI (www.unpatti.ac.id), sehingga bermanfaat bagi pengembagngan kegiatan akademik.

7.3.5. Jelaskan  manfaat dan kepuasan mitra kerja sama. Jelaskan pula cara memperoleh informasi tersebut.

Kerjasama yang sudah dilakukan oleh UNPATTI baik kerjasama dalam negeri maupun kerjasama luar negeri sangat dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas sumberdaya dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan program prndidikan, penelitian dan pengabdian bagi masyarakat.

A. Manfaat dan Kepuasan Mitra Kerjasama
Manfaat dan kepuasan mitra kerjasama dari setiap kegiatan kerjasama UNPATTI telah memberikan kesempatan mobilitas, pertukaran pengalaman, ilmu pengetahuan, pengembangan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa maupun dosen. Pada bagian lain, kerjasama UNPATTI dengan lembaga pemerintah sangat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas SDM untuk berperan aktif dalam memberikan kontribusi terhadap perubahan dalam penataan kelembagaan organisasi perangkat daerah yang lebih efektif dan efisien. Kepuasan mitra kerjasama dapat diketahui dari respon positif terhadap hasil kerjasama yang telah dilakukan. Atas kepuasan dengan respons positif tersebut, sehingga mitra kerjasama mengharapkan keberlanjutan kegiatan kerjasama atau memperpanjang MoU kerjasama.

B. Cara Memperoleh Informasi Tentang Manfaat dan Kepuasan Kerjasama
Cara memperoleh informasi kepuasan hasil kerjasama yang telah dilakukan UNPATTI antara lain melalui:

  1. Menyebarkan kuesioner/angket kepada mitra kerjasama (industri lembaga pemerintah, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait).
  2. Hasil kuesioner direkapitulasi untuk memperoleh informasi tentang kepuasan dan manfaat dari kerjasama. Jika mitra merasakan manfaat dari kerjasama dimaksud, maka kerjasama tersebut akan dilanjutkan
  3. Seminar hasil kerjasama yang dicapai dalam implementasi kerjasama, yang biasa dilaksanakan pada akhir kegiatan kerjasama.

Berdasarkan hasil kuesioner untuk 20 sampel mitra kerjasama, diketahui bahwa untuk aspek kualitas, mitra menyatakan puas sebesar 60% dan sangat puas 40%, untuk aspek relevansi, 60% mitra menyatakan puas dan 40% menyatakan sangat puas, untuk aspek produktivitas, 55% mitra menyatakan puas dan 45% menyatakan sangat puas, untuk aspek keberlangsungan, 75% mitra menyatakan puas dan 25% menyatakan sangat puas. Sedangkan untuk aspek komunikasi, 65% mitra menyatakan puas dan 35% menyatakan sangat puas. Beberapa perjanjian kerjasama yang telah habis masa berlaku, ada yang mengajukan untuk diperpanjang perjanjian lagi atau merekomendasikan intitusi maupun lembaga lain untuk melanjutkan kerjasama dengan UNPATTI.

Untuk kerjasama dengan pihak luar negeri, UNPATTI sudah mengirim kuesioner atau angket untuk memperoleh informasi kepuasan mitra luar negeri, namun belum mendapat balasan.