Standard 4.2

4.2 Sistim Monitoring Dan Evaluas

Jelaskan sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan kinerja tenaga kependidikan (termasuk informasi tentang ketersediaan pedoman tertulis, serta monitoring dan evaluasi kinerja dosen dalam tridarma serta dokumentasinya).

  1. Sistem monitoring dan evalusi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan

Pedoman pelaksanaan monitoring dosen UNPATTI adalah UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemeritah Republik Indonesia No. 37 tahun 2009 tentang Dosen. Sistem monitoring dan evaluasi rekam jejak dan kinerja dosen dan tenaga kependidikan di UNPATTI didasarkan pada PP No. 46 tahun 2011, berupa pengisian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Beban Kerja Dosen (BKD), dan PP No. 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Selain itu untuk pendidik digunakan keputusan Menteri Koordinator Bidang Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara (Menkowasbangpan) No. 38/KEP/MK/WASPAN/8/1999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya, yang diperbaharui dengan Permenpan dan Reformasi Birokrasi No. 17 tahun 2013, jo No. 46 tahun 2013. Pelaksanaan monitoring dilakukan secara konsisten setiap tahun berdasarkan dokumen manual prosedur implementasi satu siklus SPMI UNPATTI.

Demikian juga monitoring dilakukan untuk tenaga kependidikan yaitu dengan cara: melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke masing-masing unit kerja dan merekapitulasi data kehadiran dan terlambatan masuk dan kepulangan lebih awal. Hasil rekapitulasi disampaikan kepada setiap atasan langsung PNS yang bersangkutan untuk ditindaklanjuti. Bila terbukti terjadi pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku maka yang bersangkutan dipanggil dan mendapat pembinaan dari pejabat yang berwewenang sesuai dengan tingkat pelanggarannya.

  1. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja dosen dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja dosen untuk aspek pendidikan dilakukan oleh Unit Penjaminan Mutu baik ditingkat Universitas, Fakultas, Jurusan dan Program studi. Kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara internal untuk kegiatan-kegiatan yang dibiayai baik dari DIKTI, BOPTN maupun Sumber-sumber dana lain dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat dan secara aksternal di level universitas dilakukan oleh Kantor Penjaminan Mutu.

Pelaksanaan penilaian beban kerja dosen pada aspek Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat juga dapat dilihat dari laporan Beban Kerja Dosen (BKD) yang dibuat oleh dosen di setiap semester. BKD dinilai oleh 2 orang asesor internal. Saat ini jumlah asesor di UNPATTI berjumlah 54 orang, asesor bekerja berdasarkan SK Rektor. Hasil monitoring dan evaluasi terhadap beban kerja dosen didokumentasikan dalam bentuk Laporan hasil Monev kinerja dosen.

Tugas utama dosen adalah melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 SKS dan paling banyak 16 SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademiknya. Berdasarkan data yang diterima selama ini melalui BKD tiap dosen, belum ada dosen yang mempunyai BKD dibawah 12 SKS, namun yang sering terjadi adalah melebihi 16 SKS. Menpan RB No 17 dan 46 tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kredit dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 92 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknik Pelaksanaan Penilaian angka kredit jabatan fungsional dosen.

Profesor atau Guru Besar adalah dosen dengan jabatan akademik tertinggi dan mempunyai tugas khusus menurut Pasal 49 ayat 2 UU No. 14 tahun 2005 yaitu :

  • Menulis Buku
  • Menghasilkan Karya Ilmiah
  • Menyebarkan Gagasan

Tugas melaksanakan kewajiban khusus bagi Profesor tidak menambah beban tugas Profesor (12 SKS) tetapi merupakan bagian dari tugas yang wajib dipilih oleh profesor. Monev kinerja dosen dalam bidang pendidikan dilaksanakan oleh organisasi SPMI pada tingkat Fakultas dan Universitas. Hasil monev dijadikan sebagai bahan evaluasi mulai dari tingkat prodi, jurusan/bagian, fakultas dan universitas. Media/alat bantu yang sudah digunakan antara lain :

  • Formulir Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran oleh Dosen
  • Formulir atau angket Penilaian Kinerja Dosen di Kelas yang diisi oleh mahasiswa pada kelas bersangkutan
  • Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) dan/atau GBPP dan SAP
  • Dokumen daftar kehadiran dosen di kelas
  1. Ketersediaan Dokumen Hasil Monitoring dan Evaluasi kinerja dosen dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh bagian kepegawaian Universitas Pattimura. Hasil monitoring dan evaluasi, terdokumentasi secara lengkap pada bagian kepengawaian Universitas Pattimura dalam bentuk dokumen BKD dan SKP. Disamping itu kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat juga dilakukan oleh kedua lembaga tersebut dan hasilnya terdokumentasi secara lengkap.