Standard 2.2

2.2 Kepemimpinan
Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam institusi perguruan tinggi mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistik, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam institusi perguruan tinggi. Dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dikenal kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik.

Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional institusi perguruan tinggi. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi institusi perguruan tinggi dan dalam sistem pendidikan tinggi nasional. Kepemimpinan publik berkaitan dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi publik.

Jelaskan pola dan kinerja kepemimpinan institusi perguruan tinggi, mencakup informasi tentang kepemimpinan operasional, organisasi, dan publik.

Kepemimpinan di UNPATTI secara umum memiliki karakteristik: (i) kepemimpinan operasional, (ii) kepemimpinan organisasi, dan (iii) kepemimpinan publik.

1. Kepemimpinan Operasional
Segenap sivitas akademika dan unit-unit organisasi dalam lingkungan UNPATTI memiliki persepsi dan pemahaman yang sama terkait visi dan misi yang telah dirumuskan. Pemahaman visi dan misi lebih dahulu dimulai dari pimpinan tertinggi, karena dengan posisi ini dapat berpengaruh terhadap jalannya organisasi secara keseluruhan. Pimpinan mempunyai peranan yang sangat penting, terutama dalam hal menetapkan tujuan utama organisasi, serta mengkomunikasikan standar kinerja dan menunjukkan kepercayaan terhadap kemampuan stafnya untuk memenuhi standar tersebut. Selain itu, kepemimpinan juga berpengaruh terhadap implementasi strategi, terutama dalam memotivasi stafnya dalam mencapai tujuan.

Efektivitas kepemimpinan operasional, yang berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional institusi perguruan tinggi ditandai dengan mengacu pada visi dan misi UNPATTI, maka disusun dan dirumuskan rencana pengembangan UNPATTI jangka panjang yang tertuang dalam dokumen Master Plan UNPATTI, Statuta, dokumen Rencana Strategis (Renstra) UNP A TTI tahun 201 1-2015. Dari dokumen Renstra tersebut disusunlah Rencana Operasional (Renop) UNPATTI yang kemudian dituangkan di dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKA T).

Komitmen pimpinan dalam kegiatan operasional institusi ditunjukkan dengan terbentuknya program-program dan unit-unit baru, misalnya Program Magister (S2): Program Studi Ilmu kelautan (tahun 2004),Program Studi Sosiologi (tahun 2005), Program Studi Ilmu Hukum (tahun 2006), Program Studi Pendidikan dokter (tahun 2012), Satuan Pengawasan Internal (SPI) UNP A TTI (tahun 2009), Badan Penjaminan Mutu (2010), Pusat Studi Pancasila (2014). Semua ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

2. Kepemimpinan Organisasi
Kepemimpinan organisasional UNPATTI terkait dengan pemahaman tata kerja antar unit internal dan relasi dengan institusi luar. Keberadaan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 20 tahun 2016, tentang OTK UNPATTI dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 102/D/O/1998 tentang Rincian Tugas Bagian dan Sub- bagian di lingkungan UNPATTI, merupakan fondasi legal formal yang sangat penting. Efektifitas kepemimpinan organisasi tercermin dalam bentuk koordinasi dan komunikasi antar unit. Hal ini ditempuh dengan penyelenggaraan rapat rutin pada setiap bulan berjalan, rapat pleno pimpinan dan staf, serta rapat kerja pimpinan (Rakerpim) tahunan. Rapat pimpinan diperuntukkan bagi perencanaan program di awal tahun sedangkan rapat kerja diperuntukkan bagi evaluasi kinerja di akhir tahun. Rapat koordinasi rutin secara berjenjang di lingkup UNPATTI yaitu:

  • a) Rapat Kerja Pimpinan Universitas, diikuti oleh semua pimpinan universitas, pimpinan fakultas dan unit-unit pendukung. Agenda pembicaraan mengenai semua aspek kegiatan akademik dan non akademik di UNPATTI.
  • b) Rapat pimpinan rutin dalam bentuk coffee morning pada setiap minggu pertama bulan berjalan yang dihadiri oleh pimpinan universitas, pimpinan fakultas dan kepala-kepala biro.
  • c) Rapat Pimpinan, diikuti oleh pimpinan universitas dengan fokus pada rencana, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan di tingkat universitas.
  • d) Rapat Koordinasi antara Wakil Rektor dengan biro/unit/lembaga terkait, seperti misalnya koordinasi antara Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Administrasi Umum dengan Biro Keuangan, Biro Kepegawaian dan Pengembangan SDM.
  • e) Rapat Koordinasi antara Wakil Rektor (Warek) dengan Wakil Dekan terkait misalnya koordinasi antara Warek Bidang Akademik dengan Wadek Bidang Akademik, untuk urusan akademik; atau antara Warek Bidang Akademik dengan LPPM untuk urusan riset dan pengabdian pada masyarakat; atau koordinasi antara Purek Bidang Keuangan dan Administrasi Umum dengan Pudek Bidang Keuangan dan Administrasi Umum, Biro Keuangan, Biro Kepegawaian dan Pengembangan SDM.
  • f) Rapat Kerja Fakultas yang dihadiri oleh Pimpinan Fakultas dan Ketua Jurusan/Bagian/Laboratorium untuk mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik dan non akademik.
  • g) Rapat Jurusan diikuti oleh Pengurus Jurusan/Bagian, Program Studi, Kepala Laboratorium dan semua dosen Jurusan/Bagian.
  • h) Rapat Program Studi dilakukan rutin dengan materi koordinasi kegiatan proses belajar mengajar (PBM) semester, termasuk jadwal kuliah dan praktikum di laboratorium atau lapangan.

Rapat koordinasi dilakukan untuk mendiskusikan permasalahan yang terjadi dan mencari pemecahan bersama secara terintegrasi oleh semua pihak yang berkaitan. Pengambilan keputusan oleh setiap organ universitas dilakukan secara musyawarah mufakat.

3. Kepemimpinan Publik
UNPATTI saat ini mendapatkan kepercayaan publik yang baik. Kepercayaan publik tercermin dari keterlibatan pimpinan dalam forum-forum ilmiah regional maupun nasional, diantaranya sebagai :

  • a. Nara Sumber utama pada Pansus RUU Percepatan Pembangunan Daerah Kepulauan(DPR RI Jakarta 2014);
  • b. Pembicara Pada Seminar Nasional Memantapkan Indonesia sebagai Negara Maritim Yang Tangguh, Kendari 2014;
  • c. Pembicara pada Kongres Pancasila ke-6 di Ambon Tahun 2014.
  • d. Tuan rumah penyelenggara forum rektor se Indonesia tahun 2015,
  • e. Tuan rumah penyelenggara forum dekan Fisip Universitas Negeri se Indonesia tahun 2014,
  • f. Tuan rumah penyelenggara forum wakil rektor bidang perencanaan dan kerja sama dan sistem informasi se Indonesia tahun 2016,
  • g. Tuan rumah penyelenggara himpunan mahasiswa pertanian se Indonesia tahun 2016.
  • h. Tuan rumah dalam penyelenggaraan Kongres Pancasila VI; dan pada tahun 2013 UNPATTI mendapatkan penghargaan sebagai pengelola keuangan terbaik dalam lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Efektivitas kepemimpinan publik juga nampak dari keterlibatan Dosen UNPATTI yang dipercayakan sebagai pimpinan pada berbagai institusi, diantaranya:

  • a. Prof.Dr.Ir. A.S.W . Retraubun,M.Sc, dipercayakan sebagai W akil Menteri Perindustrian Republik Indonesia ( tahun 2009/2014).
  • b. Prof.Dr. Tony Pariela, M.A. sebagai Ketua Harian KONI Maluku periode tahun 2010 sampai sekarang.
  • c. Musa Toekan, S.Sos, M.Si., sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku periode tahun 2014 sampai sekarang.
  • d. Marthinus Kainama S.H., M.Hum. sebagai ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon periode tahun 2009 sampai sekarang.
  • e. Dr. Z.Notanubun,M.Pd., sebagai ketua KOPERTIS Wilayah XII tahun 2013 sampai sekarang.
  • f. Dr. Ir. S.Melatunan, M.Sc., sebagai Atase Kebudayaan di Papua New Guinea tahun 2015 sampai sekarang.
  • g. Fadly Silawane, S.Sos.M.Si., Sebagai ketua BA W ASLU Provinsi Maluku periode tahun 2012 sampai sekarang.
  • h. Prof.Dr.Ir.J. Wattimena, M.P. sebagai Rektor Universitas Antakusuma Pangkalan Bun (Kalimantan) tahun 2014 sampai sekarang.
  • i. Prof. Dr. Ir. M. Pattinama, DEA, sebagai Ketua Komisi Penyuluhan, Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Provinsi Maluku tahun 2013-2018.
  • j. Dr. Ir. Gun Mardiatmoko, M.P., sebagai Ketua Dewan Rempah Indonesia Wilayah Maluku tahun 2012 sampai sekarang.
  • k. Prof. Dr. Ir. A. Kastanya, M.S, sebagai ketua dewan kehutanan Provinsi Maluku.
  • l. Prof. Dr. Ir. R.M. Osok, sebagai ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Maluku, tahun 2013 sampai sekarang.
  • m. Prof. Dr. Ir. J. M. Matinahoru, sebagai Ketua Dewan Keragaman Genetik Provinsi Maluku tahun 2010 sampai sekarang.
  • n. Drs. Zainal A. Rengifurwarin, M.Si, sebagai Ketua STIA Alazka Ambon, tahun 2014 sampai sekarang.
  • o. Prof. Dr. Askam Tuasikal, M.Ak, sebagai Ketua Himpunan Akuntan Provinsi Maluku dan Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Maluku Tengah tahun 2015 sampai sekarang.
  • p. Dr. Muspida Suyuti, sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Provinsi Maluku.

Selain itu, efektifitas kepemimpinan publik UNPATTI juga ditandai dengan dilakukannya kerjasama UNPATTI dengan mitra dalam dan luar negeri (Tabel 2.1 dan 2.2). Sejumlah kerjasama tersebut dapat dirinci pada kegiatan berikut :

Tabel 2.1 dan tabel 2.2 berikut menyajikan nama instansi, jenis kegiatan, kurun waktu kerjasama dan manfaat yang diperoleh dengan mitra dalam negeri dan luar negeri.

No.Nama InstansiJenis KegiatanWaktu Mulai KerjasamaWaktu Berakhir KerjasamaManfaat Yang Diperoleh
1Kepolisian Daerah Maluku
Bidang Pendidikan, Pelatihan, kajian, penelitian dan peningkatan SDM
20092014Peningkatan kempuan bersama dalam bidang pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan peningkatan SDM bidang hukum dan Kepolisian RI.
22
Universitas Hasanuddin dan Pemerintah Daerah Maluku
Peningkatan SDM dan Pendidikan Tinggi20092014Berdirinya Fakultas kedokteran UNPATTI, peningkatan kuantitas studi lanjut Dosen di bidang kedokteran
3Pemerintah Kab. Halmahera Barat, SPTK Banau Halmahera BaratPengembangan SDM Halmahera Barat20102015Peningkatan kemapuan pembelajaran Staf Dosen UNPATTI dalam pengembangan SDM
4Komisi Yudisial Republik IndonesiaKelembagaan Hukum, terutama Yudisial20112015
Kapasitas dan kualitas pengelolaan lembaga Hukum pada Fakultas Hukum meningkat
5Universitas HasanudinPendidikan, penelitian dan PKM (Tridharma)20112016Peningkatan jenjang pendidikan Dosen; Kualitas dan kapasitas penelitian dan PKM Dosen meningkat
6PT Bank Syariah Mandiri
Kerjasama Pembiayaan BSM Implan
20112016Peningkatan jejaring kerjasama
7Fakultas Ilmu Dan Teknologi Kebumian Institut teknologi Bandung (ITB)Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat20112016Studi Banding dalam penyusunan kurikulum dan pembukaan PS Oesenografi; Sistem dan pengelolaan penyelenggaraan pendidikanOseanografi.
8Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro
Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada masyaraka
20112016Studi lanjut S3 Staf Dosen, dan Studi lanjut S2 lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pattimura, Usulan penerbitan jurnal staf UNPATTI
9Kerjasama dengan PT. Acer
bidang informasi dan teknologi komunikasi pendidikan
2013Sekarangpeningkatan SDM bidang informasi dan teknologi komunikasi pendidikan
10
Kerjasama dengan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, dan Universitas Hasanudin, Makassar
Studi Lanjut
2010SekarangPeningkatan jenjang pendidikan dosen dan mahasiswa Kedokteran, peningkatan kualitas dan kapasitas penelitian dan PKM dosen Kedokteran
11Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi RI Pemanfaatan perangkat video conference, obrolan konstitusi dan suara konstitusi di media cetak dan elektronik, penerbitan jurnal konstitusi, dan penyelenggaraan ToT hukum acara konstitusipenyelenggaraan pendidikan Pancasila, penyelenggaraan2012Sekarangpeningkatan pengelolaan, pemanfaatan perangkat video conference, penyelenggaraan pendidikan Pancasila, penyelenggaraan obrolan konstitusi dan suara konstitusi di media cetak dan elektronik, penerbitan jurnal konstitusi, dan penyelenggaraan ToT hukum acara konstitusi

Tabel 2.2 Kerjasama UNPATTI dengan Mitra Luar Negeri

No.Nama InstansiJenis KegiatanWaktu Mulai KerjasamaWaktu Berakhir KerjasamaManfaat Yang Diperoleh
1Tokyo University of Marine Science and Technology (TUMSA T) , JapanColaboration of faculty and staff members for research, symposia and other academic pursuits; Exchange of students for study and reearch; and Exchange of data, documentation, and research materials in fields of mutuals interest, taking cognizance of excisting policies of UNPATTI and TUMSA T20122017In negotiation, discussion and breakdown of program plan and implemen tation activities of these three theme of coopera tion agreement between
UNPATTI and TUMSAT
2Southern Cross University, New South Wales AustraliaEducational and research collaboration20122017Increasing of scientific publications
3USAID, Cheminics International, Inc.Leadership and management Capacity Building under The Higher Education Leadership and Management Project USAID/ Helm20122016in discussion and breakdown of program plan and implementa tion of c c c e e e r r rt t t a a a i i in n n c c c a a a p p pa a a c c ci i i t t t y y y building activities as follow : 1. General administration and leadership; 2. Financial management; 3
Quality insurance; and 4. Collaboration with external stakeholders
4Deakin University, AustraliaAcademic staff coopera tion on collaborative research, lectures, and conference in area of interest; General academic collaboration including the exchange of educational resources materials and publications; Assess ment of units for credit for prior leadership for academic programs offered at each instituti on; Development and implementation of student and staff exchange programs; Indentification of special short-therm academic programs and projects of mutual benefit to both institutions; Develop ment of a doctoral pathway for staff members of CEISU’s member institution; Organisation and conduct of research conferences on topics of mutual interest20122017Sharing experience and capability in educational management, research and extension services society, including facilities inter university those included in this collaboration. The exchange of educational resources materials and publications, as well as Student and staff exchange programs.
5Hogeschool WindesheimCollaboration of Faculty and Staff members for research, simposium, seminar, workshop and other academic purposes; Exchange students and staff for study, researach and teaching experience.20132017On going in negotiation, discussion and break down of program plan and implementation activities of these two themes of collabora tion agreement between Pattimura University and Hogeschool Windesheim
6Kagoshima UniversityScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20132018Increasing number of scientific publications
7University of Florida, Gainesville- Florida USAScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20132016Scientist exchange
8Goulburn Ovens Institute of TAPE MelbourneScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20132016Scientist exchange
9AIMS Tasmania UniversityScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Joint research dan scientist exchange
10Melbourne University, Australiacientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20112014Joint research
11Monash University, AustraliaScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Scientist exchange
12Charles Darwin University, AustraliaScientific Cooperation : Research, Joint Seminar, Scientist Exchange and Project collaboration20122015Joint research
13Goethe Institute, Jakarta- DAAD GermainScientific Cooperation : Research, Joint Seminar,20132016Student exchange
14Kerjasama dengan Association Archipel IndonesiaPembangunan masyarakat dalam domain Etnoekologi, taksonomi dan hidrologi20142019Peningkatan pemahaman terhadap pembangunan masyarakat dalam domain Etnoekologi, taksonomi dan hydrologi
15Kerjasama dengan The National Disaster Preparednes Training Center University of HawaiiPeningkatan SDM bidang Pendidikan, penelitian bersama, pelatihan pertukaran, dan hal lain yang ditetapkan bersama sesuai kebutuhan20142017Peningkatan SDM bidang Pendidikan, penelitian bersama, pelatihan pertukaran, dan hal lain yang ditetapkan bersama sesuai kebutuhan
16Kerjasama dengan USAID HELMPeningkatan manajemen kepemimpinan dan perbaikan Akreditasi Prodi20132016Peningkatan Manajemen Kepemimpinan dan Perbaikan Akreditasi Prodi