Standard 1.3

1.3. Sosialisasi visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian dan penggunaannya sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja institusi PT

1.3.1 Uraikan sosialisasi visi, misi, tujuan, dan sasaran PT agar dipahami seluruh pemangku kepentingan (sivitas akademika, tenaga kependidikan, pengguna lulusan, dan masyarakat)

Guna pelaksanaan sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran UNPATTI berlangsung efektif dan tepat sasaran, maka dibentuk Tim Sosialisasi melalui diterbitkannya SK Rektor UNPATTI Nomor: 3728/UN13/SK/2014 dengan tugas mempersiapkan materi dan strategi sosialisasi, mengagendakan dan melaksanakan kegiatan sosialiasi di tingkat internal maupun eksternal, yaitu:

1) Sosialisasi di tingkat internal; Disosialisasikan kepada pihak pimpinan universitas, fakultas, jurusan, dan prodi, serta dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Proses sosialisasi antara lain :

  1. Disampaikan dalam rapat Senat Universitas dengan melibatkan pemimpin universitas, fakultas, unit kerja di lingkungan UNPATTI.
  2. Disampaikan dalam rapat-rapat koordinasi ditingkat fakultas, jurusan, prodi dalam lingkungan UNPATTI
  3. Disosialisasikan kepada tenaga akademik (dosen) yang baru diangkat melalui pembekalan secara internal.
  4. Disosialisasikan kepada mahasiswa baru saat pelaksanaan program pengenalan kampus/OSPEK.
  5. Disosialisasikan kepada mahasiswa melalui pertemuan dengan Dewan Pimpinan Mahasiswa Universitas (DPMU), Dewan Pimpinan Mahasisiwa Fakultas (DPMF), maupun Perhimpunan Mahasiswa di tingkat Prodi.
  6. Ditampilkan pada buku Peraturan Akademik dan Buku Wisuda
  7. Ditampilkan dalam website UNPATTI
  8. Ditampilkan pada leafleat dan disebarkan kepada mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan pada setiap tahun ajaran baru.
  9. Ditampilkan pada barner/spanduk di lokasi-lokasi strategis di dalam kampus pada setiap tahun ajaran baru.
  10. Ditampilkan melalui media cetak lokal di Kota Ambon pada setiap tahun ajaran baru.

2) Sosialisasi di tingkat eksternal; Disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan, misalnya Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota di Maluku, Bank Pemerintah/Swasta, maupun para alumni. Kegiatan tersebut dilakukan melalui:

  1. Sosialisasi kepada pihak Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota di Maluku melalui tatap muka langsung pada setiap tahun ajaran, dan melalui penyampaian leafleat saat dilakukannya kegiatan-kegiatan seminar, lokakarya pada setiap akhir semester, dan kuliah umum pada setiap tahun ajaran baru.
  2. Sosialisasi kepada pemangku kepentingan di luar provinsi (Maluku Utara; Kab. Sorong, Papua Barat, dsb) dilakukan melalui penyampaian leafleat pada setiap tahun ajaran baru.
  3. Sosialisasi kepada alumni pada saat dilaksanakannya pertemuan alumni pada setiap tahun ajaran baru, dan untuk alumni yang berada di luar daerah Maluku (Provinsi lain,) dilakukan penyampaian/penyebaran leaflet pada setiap tahun ajaran baru.
  • Disampaikan saat Program Studi di lingkungan UNPATTI melakukan sosialisasi dan promosi di Sekolah-Sekolah Menengah Umum di Kabupaten/Kota Provinsi Maluku pada setiap akhir semester gasal, maupun luar Provinsi Maluku untuk menjaring minat siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi pada setiap tahun ajaran baru.
  • Penyebaran leafleat pada Sekolah-Sekolah Menengah Umum di Kabupaten/Kota Provinsi Maluku pada setiap akhir semester gasal, maupun luar Provinsi Maluku pada setiap tahun ajaran.

Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa maupun stakelholder eksternal (pemerintah daerah, alumni dan pengguna) terhadap visi,misi, tujuan dan sasaran UNPATTI diedarkan angket evaluasi. Angket tersebut berisi sejumlah pertanyaan yang terkait dengan tingkat pemahaman terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran universitas. Kemudian jawaban atas pertanyaan tersebut diberi skor sebagai berikut:

  • 1 = Tidak tahu/Tidak baik/Sangat rendah.
  • 2 = Cukup tahu/Cukup baik/Rendah
  • 3 = Tahu/Baik/Tinggi
  • 4 = Sangat tahu/Sangat baik/Sangat tinggi

Hasil angket menunjukkan bahwa:
1. Tingkat pemahaman pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran UNPATTI menunjukkan bahwa rata- rata responden sebesar:

  • 76%, menjawab Sangat tahu/Sangat baik/Sangat tinggi
  • 21%, menjawab Tahu/Baik/Tinggi
  • 2%, menjawab Cukup tahu/Cukup baik/Rendah.
  • 1%, menjawab Tidak tahu/Tidak baik/Sangat rendah

2. Tingkat pemahaman stakelholder eksternal terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran UNPATTI, menunjukkan bahwa rata-rata responden sebesar:

  • 67%, menjawab Sangat tahu/Sangat baik/Sangat tinggi.
  • 19%, menjawab Tahu/Baik/Tinggi
  • 9%, menjawab Cukup tahu/Cukup baik/Rendah
  • 5%, menjawab Tidak tahu/Tidak baik/Sangat rendah

1.3.2. Jelaskan bahwa visi, misi, tujuan, dan sasaran PT serta strategi pencapaiannya untuk dijadikan sebagai acuan semua unit dalam institusi perguruan tinggi dalam menyusun rencana strategis (renstra) dan/atau rencana kerja unit bersangkutan.

Renstra UNPATTI periode 2011-2015 yang memuat visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian dijabarkan pada setiap unit kerja melalui Rapat Kerja Pimpinan (RAKERPIM) di tingkat universitas maupun ditingkat fakultas dan lembaga guna penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) dan penyusunan program prioritas yang diajukan oleh pimpinan universitas setiap tahun dengan pendekatan kombinasi antara bottom-up dan top-down.

Proses penyusunan RKAT dan program prioritas dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur dan unit kerja yang terkait di dalamnya, mulai dari program studi, jurusan, fakultas yang kemudian dikompilasi pada tingkat universitas. Hal ini dilakukan tidak hanya bertujuan agar unsur-unsur dan unit kerja yang terkait mengetahui secara lebih mendalam apa yang telah disusun dan dibuat bersama, dan apa yang seharusnya dilakukan dalam mencapai target yang telah ditetapkan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, tetapi juga bertujuan melaksanakan manajemen yang bersifat transparan dan akuntabel serta mampu menstimulasi partisipasi aktif dari seluruh unsur yang terkait.

Gambar 1.5, berikut ini menggambarkan keterkaitan visi, misi, tujuan dan sasaran UNPATTI dengan Renstra UNPATTI, Renstra Fakultas/Unit Kerja, Rencana Pengembangan Prodi/Lab, RKAT Prodi/Lab, RKAT Fakultas/Unit Kerja, dan RKAT UNPATTI.

Gambar 1.5. Keterkaitan Visi, Misi UNPATTI dengan Renstra UNPATTI, Renstra Fakultas/Unit Kerja, Rencana Pengembangan Prodi/Lab., RKAT Prodi/Lab., RKAT Fakultas/Unit Kerja, dan RKAT UNPATTI.