Standard 1.2

1.2 Pernyataan mengenai tonggak-tonggak capaian (milestones) tujuan yang dinyatakan dalam sasaran-sasaran yang merupakan target terukur, dan penjelasan mengenai strategi serta tahapan pencapaiannya.

Tonggak-tonggak pencapaian (milestones) visi UNPATTI ”Menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang unggul, berkarakter, berbudaya dan berbasis laut-pulau”, akan dilalui melalui sejumlah tahapan sebagaimana tergambar pada 1.4 berikut:

Gambar 1.4. Milestone Tahapan Pencapaian Visi Universitas Pattimura

(1) Tahap sebelumnya yaitu tahap Konsolidasi yang disusun untuk periode Renstra tahun 2006 – 2010, dimana UNPATTI dalam perjalanannya mengalami masa sulit akibat dampak kerusuhan sosial pada tahun 1999-2004, namun dengan semangat “Hotumese” yang berarti berkembang dalam tantangan, telah mendorong kinerja UNPATTI, sehingga sebagian besar sasaran pembangunan sudah dapat tercapai yakni pengembangan kualitas sumber daya manusia, kecuali prasarana dan sarana akademis yang masih memerlukan pembenahan serius untuk menjawab kebutuhan universitas dan tuntutan stakeholders yang berorientasi pada keunggulan kualitas agar sejajar dengan universitas lain di Indonesia.

(2) Tahap berikutnya, yakni tahapan saat ini dimana posisi UNPATTI berada pada tahap Pemantapan. Implementasi tahap ini dijabarkan dalam Renstra UNPATTI periode tahun 2011-2015 dengan visi strategis: ”Mewujudkan UNPATTI sebagai pusat pengembangan SDM, IPTEKS yang unggul, berkarakter, berbudaya, dan berbasis laut pulau” yang kemudian dijabarkan ke dalam 7 (tujuh) tujuan strategis sebagaimana terinci di dalam Renstra UNPATTI periode tahun 2011 – 2015, menyatakan bahwa dalam mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran strategis UNPATTI serta strategi pencapaiannya dijabarkan melalui beberapa tujuan dan sasaran sebagai berikut:

Tujuan 1. Mewujudkan Pemerataan dan Keadilan Bagi Semua Lapisan Masyarakat Mengikuti Pendidikan Tinggi, dengan sasaran sebagai berikut:

  • a. Tercapainya daya tampung UNPATTI sebesar 20.000 orang mahasiswa pada tahun 2015 dan seterusnya.
  • b. Meningkatnya pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta meningkatnya jumlah beasiswa.

Tujuan 2. Menghasilkan Lulusan dan Karya yang Mampu Bersaing pada Tingkat Lokal, Nasional dan Internasional, dengan sasaran sebagai berikut:

  • a. Tercapainya akreditasi dan reputasi nasional dan internasional di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis laut pulau.
  • b. Peningkatan reputasi nasional dan internasional di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis laut-pulau.

Tujuan 3. Menyediakan Fasilitas yang Memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), dengan sasaran sebagai berikut:

  • a. Terwujudnya peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan sesuai SNP di UNPATTI.
  • b. Tercapainya sarana dan manajemen pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  • c. Meningkatnya penyelenggaraan penjaminan mutu pendidikan secara berkelanjutan di UNPATTI.
  • d. Tersedianya laboratorium penelitian terpadu (research center) di UNPATTI.

Tujuan 4. Mewujudkan UNPATTI sebagai Wadah Masyarakat Akademik yang Potensial dan Handal Berbasis Laut-Pulau dengan sasaran sebagai berikut:

  • a. Terselenggaranya evaluasi belajar mahasiswa secara teratur dan tetap dari waktu ke waktu.
  • b. Meningkatnya jumlah buku-buku referensi dan jurnal yang bermutu.

Tujuan 5. Mewujudkan Budaya Ilmiah, Menjunjung Tinggi Kebenaran, Keadilan, Terbuka, Kritis, Inovatif dan Tanggap Terhadap Dinamika Perubahan Zaman Secara Nasional dan Internasional dengan sasaran sebagai berikut:

  • a. Terwujudnya pembelajaran berbasis riset berbasis laut-pulau
  • b. Meningkatnya perolehan HAKI atas temuan ilmiah di UNPATTI
  • c. Terwujudnya jurnal ilmiah terakreditasi dari berbagai bidang ilmu di UNPATTI

Tujuan 6. Mewujudkan Organisasi dan Penyelenggaraan Universitas yang Sehat dan Akuntabel dengan sasaran sebagai berikut:

  • a. Tersusunnya laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang berlaku bagi suatu Universitas
  • b. Tercapainya sistem tata pamong yang baik dalam sistem manajemen UNPATTI
  • c. Tersedianya norma dan aturan tertulis sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di UNPATTI

Adapun indikator kinerja dan target pencapaian tujuan UNPATTI Tahun 2011 – 2015 adalah:

  • Tujuan 1. Mewujudkan Pemerataan dan Keadilan Bagi Semua Lapisan Masyarakat Mengikuti Pendidikan Tinggi.
  • Sasaran 1a: Tercapainya Daya Tampung UNPATTI Sebesar 20.000 Mahasiswa pada Tahun 2015 dan seterusnya.
  • Sasaran 1b: Terwujudnya Pembelajaran Berbasis ICT dan Meningkatnya Jumlah Beasiswa
No.Uraian Indikator KinerjaTarget 2011Capai 2011Target 2012Capai 2012Target 2013Capai 2013Target 2014Capai 2014Target 2015Capai 2015
1a.1Peningkatan jumlah dan luas Ruang Kelas (Mhs/m2)1,15 1,0 1,3 1,0 1,1 1,0 1,5 1,0 1,8 1,2
1a.2Peningkatan jumlah dan luas ruang Dosen (Dosen/m2)3,0 2,5 3,5 3,0 4,0 3,2 4,5 3,3 4,7 3,5
1a.3Peningkatan Jumlah dan luas laboratorium (Mhs/m2)1,0 0,2 1,1 0,9 1,2 1,0 1,4 1,1 1,5 1,2
1a.4Persentase peningkatan Jumlah Mahasiswa Program Pascasarjana (%)15112012151420152515
1b.1Peningkatan jumlah mhs penerima Beasiswa (20%)20153517402145275029
1b.2Peningkatan Fasilitas ICT melalui penyediaan teaching aid dan peningkatan kapasitas bandwidth20152515201735184020
1b.3Peningkatan Jumlah Kerjasama Pemda Provinsi/Kab utk perluasan akses pendidikan (%)60507060306035659075
1b.4Peningkatan Jumlah Kerjasama Dalam dan Luar Negeri65:33:0066:35:0070:35:0070:35:0075:40:0078:40:0080:45:0082:50:0085:55:0085:60
  • Tujuan 2. Menghasilkan Lulusan dan Karya yang Mampu Bersaing pada Tingkat Lokal, Nasional dan Internasional
  • Sasaran 2a: Tercapainya Akreditasi dan Reputasi Nasional dan Internasional di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Sasaran 2b:Peningkatan Reputasi Nasional dan Internasional di Bidang Penelitian Berbasis Laut-Pulau
No.Uraian Indikator KinerjaTarget 2011Capai 2011Target 2012Capai 2012Target 2013Capai 2013Target 2014Capai 2014Target 2015Capai 2015
2a.1Peningkatan mutu Kurikulum dan Silabi secara berkelanjutan75 (%)78 (%)80 (%)83 (%)85 (%)86 (%)95 (%)95 (%)100 (%)96 (%)
2a.2Peningkatan Mutu Program Studi melalui pencapaian bertahap nilai akreditasi PS mencapai A dan B20 (%)35 (%)20 (%)45 (%)25 (%)60 (%)30 (%)75 (%)40 (%)89 (%)
2a.3Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter yang di integrasikan dalam Kurikulum PS, Kegiatan Mhs, Budaya Kampus dan Pembiasaan 40 (%)25 (%)45 (%)30 (%)50 (%)35 (%)55 (%)40 (%)65 (%)45 (%)
2a.4Peningkatan Kualitas Sumberdaya Dosen, Sarana prasarana dan manajemen pembelajaran 40 (%)35 (%)65 (%)30 (%)70 (%)35 (%)80 (%)42 (%)80 (%)50 (%)
2a.5Pengembangan Joint Program dgn PT LN yang bermutu30 (%)15 (%)40 (%)20 (%)50 (%)22 (%)55 (%)23 (%)60 (%)24 (%)
2b.1Peningkatan Kualitas Penelitian45 (%)30 (%)50 (%)32 (%)55 (%)34 (%)60 (%)35 (%)65 (%)37 (%)
2b.2Pengembangan Penelitian Terpadu (dasar dan Terapan)50 (%)35 (%)55 (%)35 (%)60 (%)37 (%)65 (%)40 (%)70 (%)42 (%)
2b.3Peningkatan Jurnal Ilmiah utk memfasilitasi publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dosen30 (%)18 (%)35 (%)20 (%)40 (%)22 (%)45 (%)25 (%)50 (%)27 (%)
2b.4Peningkatan mutu Pengabdian kepada Masyarakat dengan fokus pada pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat40 (%)31 (%)45 (%)33 (%)50 (%)35 (%)55 (%)37 (%)60 (%)40 (%)
  • Tujuan 3. Menyediakan fasilitas yang Memenuhi Standar Nasional Pendidikan
  • Sasaran 3a: Peningkatan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sesuai SNP
  • Sasaran 3b: Peningkatan Sarana dan Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi ICT
  • Sasaran 3c: Meningkatkan Penyelenggaraan Penjaminan Mutu Pendidikan di UNPATTI
  • Sasaran 3d: Tersedianya Laboratorium Penelitian Terpadu (Research Center)
No.Uraian Indikator KinerjaTarget 2011Capai 2011Target 2012Capai 2012Target 2013Capai 2013Target 2014Capai 2014Target 2015Capai 2015
3a.1Meningkatnya Rasio ruang belajar yang memenuhi SNP50 (%)40 (%)55 (%)45 (%)60 (%)50 (%)65 (%)50 (%)65 (%)55 (%)
3a.2Meningkatnya Kualitas dan Kuantitas Laboratorium yang memenuhi standar40 (%)35 (%)45 (%)40 (%)50 (%)45 (%)55 (%)46 (%)60 (%)49 (%)
3b.1Peningkatan Sistem manajemen akademik yang terfokus pada pengembangan SIMAK utk Integrasi data akademik secara online40 (%)30 (%)50 (%)35 (%)55 (%)40 (%)65 (%)45 (%)70 (%)50 (%)
3b.2Pengembangan Materi Belajar Mengajar Berfokus pada Penyiapan Bahan Ajar yang dapat diakses mahasiswa70 (%)70 (%)75 (%)75 (%)80 (%)80 (%)90(%)85 (%)100 (%)90 (%)
3b.3Peningkatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran ditunjang_Teaching Berbasis Multi Media60 (%)60 (%)80 (%)75 (%)85 (%)80 (%)90 (%)85 (%)100 (%)90 (%)
3b.4Penyiapan Instrumen Pendukung Proses pembelajaran dalam Dokumen data base yang terdigitalisasi60 (%)60 (%)75 (%)70 (%)85 (%)80 (%)90 (%)85 (%)100 (%)90 (%)
3c.1.Meningkatnya Penyelenggaraan Penjaminan Mutu Akademik60 (%)50 (%)65 (%)55 (%)70 (%)57 (%)75 (%)62 (%)30 (%)60 (%)
2b.3Peningkatan Jurnal Ilmiah utk memfasilitasi publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dosen30 (%)18 (%)35 (%)20 (%)40 (%)22 (%)45 (%)25 (%)50 (%)27 (%)
2b.4Peningkatan mutu Pengabdian kepada Masyarakat dengan fokus pada pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat40 (%)31 (%)45 (%)33 (%)50 (%)35 (%)55 (%)37 (%)60 (%)40 (%)
3c.2Peningkatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Penjaminan Mutu berfokus pada Manajemen Pelaksanaan dan data base serta dokumen pada semua PS, Jurusan, Fakultas dan Biro Akademik 75 (%)70 (%)80 (%)75 (%)85 (%)80 (%)90 (%)85 (%)100 (%)90 (%)
3d.1Peningkatan Kapasitas Kinerja dan Pengembangan Pusat Studi dgn focus Pengembangan pada Pengembangan Pendidikan Karakter50 (%)40 (%)55 (%)42 (%)60 (%)45 (%)65 (%)47 (%)70 (%)50 (%)
3d.2Pembangunan Laboratorium Terpadu yg difokuskan pada Pengintegrasian Penelitian Dasar dan
berdasarkan
UNPATTI yang mengangkat isu lokal bertaraf internasional50 (%)40 (%)55 (%)42 (%)60 (%)45 (%)65 (%)47 (%)70 (%)50 (%)
  • Tujuan 4. Mewujudkan UNPATTI Sebagai Wadah Masyarakat Akademik yang Potensial
  • Sasaran 4a : Terselenggaranya Evaluasi Mutu Belajar Mahasiswa Secara Konsisten dan Berkelanjutan.
  • Sasaran 4b : Meningkatnya Ketersediaan Buku Referensi dan Jurnal yang Bermutu Nasional dan Internasional.
No.Uraian Indikator KinerjaTarget 2011Capai 2011Target 2012Capai 2012Target 2013Capai 2013Target 2014Capai 2014Target 2015Capai 2015
4a.1Peningkatan Kualitas Pembelajaran yg berfokus pada pelaksanaan Evaluasi Mahasiswa75 (%)50 (%)80 (%)55 (%)80 (%)60 (%)85 (%)65 (%)90 (%)65 (%)
4b.1Peningkatan jumlah Koleksi Perpustakaan yg diarahkan pada Buku Referensi dan Jurnal Ilmiah60 (%)45 (%)65 (%)50 (%)70 (%)55 (%)75 (%)60 (%)80 (%)65 (%)
4b.2Peningkatan Pelayanan Kepustakaan dgn penataan system layanan dan langganan dan memberi akses yang luas kepada mahasiswa dan dosen mengembangkan diri70 (%)60 (%)75 (%)65 (%)80 (%)70 (%)75 (%)90 (%)95 (%)76 (%)
  • Tujuan 5. Mewujudkan Budaya Ilmiah, Menjunjung Tinggi Kebenaran, Keadilan, Terbuka, Kritis, Kreatif, Inovatif, dan Tanggap terhadap Dinamika Perubahan Zaman Secara Regional, Nasional dan Internasionl
  • Sasaran 5a : Meningkatnya Pembelajaran Berbasis Riset Berorientasi Laut Pulau
  • Sasaran 5b : Meningkatnya Perolehan HAKI atas Temuan Ilmiah di UNPATTI
  • Sasaran 5c : Tersedianya Jurnal Ilmiah Terakreditasi dari Berbagai Bidang Ilmu di UNPATTI
No.Uraian Indikator KinerjaTrgt 201165Capai 2011Target 2012Capai 2012Target 2013Capai 2013Target 2014Capai 2014Target 2015Capai 2015
5a.1Sempurnanya Sistem Tata Kelola Riset UNPATTI dengan prioritas keikutsertaan seluruh dosen65 (%)45 (%)70 (%)47 (%)75 (%)50 (%)80 (%)52 (%)85 (%)55 (%)
5a.2Peningkatan Penghiliran (downstreaming) hasil-hasil penelitian yg relevan dengan kebutuhan pembangunan, Industri dan Masyarakat 50 (%)20 (%)55 (%)22 (%)60 (%)25 (%)65(%)27 (%)70(%)30 (%)
5b.1Percepatan Pertumbuhan Riset Multidisiplin dan Pemberian Stimulan berupa Insentif kepada kelompok Dosen atau Perorangan yang mampu menghasilkan HAKI50 (%)25(%)55 (%)30 (%)60 (%)30 (%)65 (%)35 (%)70 (%)35 (%)
5c.1Meningkatnya pembinaan Mutu Jurnal di bawah Lembaga Penelitian atau pada masing- masing Fakultas hingga Terakreditasi45 (%)30 (%)50 (%)35 (%)60 (%)40 (%)70(%)42 (%)75 (%)45 (%)
5c.2Pengembangan Penerbitan Jurnal Ilmiah utk semua disiplin Ilmu yg dikembangkan di UNPATTI50 (%)35 (%)55 (%)37 (%)60 (%)40 (%)65 (%)43 (%)70 (%)45 (%)
  • Tujuan 6. Mewujudkan Organisasi dan Penyelenggaraan Universitas yang Sehat dan Akuntabel
  • Sasaran 6a: Tersusunnya Laporan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi yang Berlaku Bagi Suatu Universitas
  • Sasaran 6b: Tecapainya Sistem Tata Pamong yang Baik dalam Sistem Manajemen di UNPATTI
  • Sasaran 6c: Tersedianya Norma dan Aturan Tertulis Sebagai Pedoman Penyelenggaraan UNPATTI
No.Uraian Indikator KinerjaTrgt 2011Capai 2011Target 2012Capai 2012Target 2013Capai 2013Target 2014Capai 2014Target 2015Capai 2015
6a.1Tersedianya Sistem Akuntansi sebagai Standar yang berlaku Bagi satu Universitas yang Mandiri60 (%)60 (%)70 (%)65 (%)80 (%)70 (%)90 (%)80 (%)100 (%)90 (%)
6a.2Terselesaikannya Semua temuan audit Internal maupun Eksternal60 (%)60 (%)70 (%)70 (%)80 (%)80 (%)90 (%)90 (%)100 (%)95 (%)
6b.1Tertatanya Organisasi UNPATTI yg memiliki tata pamong yang baik (Good Governance)70 (%)55 (%)75 (%)57 (%)80 (%)60 (%)85 (%)65 (%)90 (%)65 (%)
6b.2Adanya penyempurnaan, pengintegrasian system informasi keuangan dan manajemen 60 (%)55 (%)65 (%)60 (%)70 (%)65 (%)75 (%)65 (%)80 (%)70 (%)
6c.1Penyempurnaan Norma dan Peraturan Penyelenggaraan Pendidikan di UNPATTI agar tercipta Tata Kehidupan Kampus dan Atmosfir Akademik Yang Kondusif80 (%)65 (%)70 (%)90 (%)73 (%)95 (%)75 (%)95 (%)100 (%)77 (%)

(3) Tahap Percepatan periode tahun 2016-2020 ditandai dengan perampungan dan pemantapan tahapan saat ini (Pemantapan) yang segera diikuti dengan pencapaian target “Good University Governance”, universitas yang akuntabel dengan capaian laporan keuangan WTP, UNPATTI telah sejajar dalam kualitas institusi dibandingkan universitas besar di Pulau Jawa terutama dalam bidang ilmu kelautan dan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil yang dicirikan dengan: : terwujudnya riset yang unggul berbasis laut pulau; meningkatnya Haki dan paten IPTEKS berbasis laut pulau; terwujudnya kelembagaan yang bermutu; dan meningkatnya peran aktif UNPATTI dalam pembangunan nasional.

(4) Tahap Pengembangan Lanjut (Inovasi Berkelanjutan) periode tahun 2021-2025, yakni pada tahap ini capaian kinerja UNPATTI telah masuk pada level universitas berskala internasional, dengan reputasi di bidang pendidikan- pengajaran, dan penelitian berskala internasional, dengan menyelenggarakan kelas internasional berbahasa Inggris yang diikuti oleh mahasiswa asing dalam berbagai bidang ilmu, joint research antar dosen UNPATTI dengan dosen universitas di luar negeri. Program pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen yang berkelanjutan serta penyelenggaraan Dual Degree di berbagai bidang studi pascasarjana, yang semuanya merupakan cita-cita yang harus diwujudkan dalam periode Rencana Strategis UNPATTI ke depan.

Rencana Strategis UNPATTI merupakan arah dan pedoman untuk mengukur kinerja pembangunan yang dilakukan secara periodik. Pengukuran capaian kinerja melalui pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) dan audit internal terhadap pelaksanaan Renstra UNPATTI periode 2011-2015, juga untuk melihat kesesuaian kegiatan dengan perencanaan dan juga melihat potensi kegagalan atau keberhasilan program. Pertanggungjawaban program berupa laporan triwulanan dan laporan tahunan yang terdiri atas laporan keuangan dan kinerja operasional dilakukan oleh penanggung jawab program kegiatan. Laporan tersebut selanjutnya menjadi bahan evaluasi kinerja Universitas dan dikompilasi menjadi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). Mekanisme kontrol ketercapaian kinerja tahunan dari program‐program strategis  yang tercantum dalam Renstra UNPATTI dilakukan secara berjenjang, yakni melalui monitoring dan evaluasi maupun audit internal yang terdiri atas :

A. Monitoring dan Evaluasi.
1) Monitoring dan evaluasi oleh penanggung jawab program.
Penanggung jawab program melakukan monev dan menyusun laporan pelaksanaan program secara triwulanan, dan melaporkannya kepada Rektor dan Satuan Pengawas Internal (SPI). Hasil monitoring diikuti dengan tindak lanjut langkah perbaikan secara berkelanjutan

2) Monitoring dan evaluasi oleh pimpinan unit kerja.
Monev program dan kegiatan dilakukan oleh pimpinan unit kerja kepada penanggung jawab kegiatan kasubbag/kasubbid dan hasilnya disampaikan kepada Rektor dalam rapat kerja universitas atau rapat kerja bidang- bidang terkait tingkat universitas. Hasil monitoring diikuti dengan langkah perbaikan secara berkelanjutan.

3) Monitoring dan evaluasi oleh Satuan Pengawas Internal (SPI). Monev dilakukan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) berdasarkan laporan kinerja bulanan, triwulanan dan tahunan, hasil monev dituangkan dalam laporan monitoring semesteran dan disampaikan kepada Rektor untuk ditindaklanjuti.

4) Monitoring dan evaluasi oleh Kantor Penjaminan Mutu
Kantor Penjaminan Mutu melaksanakan monev bidang akademik, bidang penelitian, dan bidang pengabdian kepada masyarakat; monev pelaksanaan hasil temuan audit mutu internal (Permintaan Tindakan Koreksi/PTK); dan monev pelaksanaan standar operational procedur (SOP) secara periodic bertujuan untuk mengawal aktivitas proses akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pelaksanaan PTK, dan pelaksanaan SOP di dalam memenuhi standar mutu, dan agar kinerja menjadi efektif dan efisien. Melalui sejumlah monev ini, selanjutnya dapat diukur ketercapaian sasaran mutu universitas yang sekaligus dapat mengukur ketercapaian Renstra UNPATTI setiap tahunnya.

B. AuditInternal
1) Audit Internal oleh Satuan Pengawas Internal (SPI).
SPI selain melakukan audit laporan keuangan setiap enam bulan, dan menyampaikan hasilnya kepada Rektor, juga melakukan audit kinerja Renstra yang dilaksanakan setiap tahun sekali pada setiap unit kerja guna mengontrol ketercapaian sasaran dan menentukan program perbaikan. Melalui kegiatan audit kinerja pada setiap unit ini, selanjutnya dapat diukur ketercapaian sasaran universitas yang sekaligus dapat mengukur ketercapaian Renstra UNPATTI setiap tahunnya. Hasil pengukuran capaian sasaran dievaluasi untuk menyusun program perbaikan berkelanjutan untuk mencapai visi yang ditetapkan.

2) Audit Mutu Internal (AMI) oleh Kantor Penjaminan Mutu.
Audit bidang akademik, dilaksanakan oleh auditor mutu internal di bawah koordinasi Kantor Penjaminan Mutu melalui kegiatan siklus tahunan AMI untuk memastikan program dan kegiatan akademik di setiap fakultas, jurusan, dan program studi berjalan sesuai dengan visi, misi, dan pencapaian indikator standar mutu UNPATTI. Hasil audit digunakan untuk menyusun program perbaikan berkelanjutan untuk mencapai visi dan standar yang ditetapkan.