Kata Pengantar

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Universitas Pattimura sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang selama ini telah menjalankan fungsi utamanya di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sudah berjalan dengan lancar dan baik.

Selama kurun waktu 53 tahun sampai saat ini telah banyak berbagai kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dihasilkan, namun demikian banyak pula hambatan, halangan yang dihadapi, akan tetapi semuanya dapat diatasi sebagaimana mestinya.

Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2009 perolehan peringkat akreditasi Institusi Universitas Pattimura hanya mendapatkan peringkat Akreditasi C (SK. Nomor: 022/BAN-PTAk-II/Inst/I/2009). Untuk memperbaiki peringkat tersebut, disusunlah borang akreditasi institusi yang kemudian diajukan pada bulan Agustus 2014 untuk mendapat penilaian peringkat oleh BAN-PT.

Atas penilaian dan visitasi yang dilakukan oleh Asesor BAN-PT pada bulan Mei 2015, Universitas Pattimura mendapat perolehan peringkat akreditasi dengan nilai B yang ditetapkan dengan Keputusan BAN-PT Nomor: 742/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015 tanggal 10 Juli 2015.

Pada Tahun 2016, Universitas Pattimura meresponi keinginan baik dari Direktorat Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mengikuti program pembinaan Teknis Perguruan Tinggi dengan perolehan peringkat akreditasi B untuk di mendapat bimbingan teknis menuju perolehan peringkat akreditasi A, maka dokumen borang ini diboboti dengan melakukan pembenahan secara internal.

Borang akreditasi Universitas Pattimura tahun 2016 menggambarkan bahwa Universitas Pattimura berupaya meningkatkan kinerja institusi ke arah yang lebih baik, dengan berbagai perubahan dan peningkatan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi maupun fasilitas lainnya dalam menghadapi era globalisasi saat ini.

Demikian kondisi Universitas Pattimura yang telah disampaikan melalui dokumen borang akreditasi institusi yang diajukan ini.

Ambon, 23 September 2016

Tim Borang