CDC Unpatti

RENCANA KERJA PUSAT PENGEMBANGAN KARIR UNIVERSITAS PATTIMURA
(Work Plan of the Carrier Development Center (CDC) of Universitas Pattimura)

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 menegaskan visi pembangunan nasional menuju “Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur” yang diwujudkan antara lain melalui 2 (dua) misi pembangunan nasional yaitu, mewujudkan bangsa yang berdaya saing dan mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan. Kedua hal tersebut dapat diimplementasikan antara lain dengan meningkatkan pembangunan daerah, mengurangi kesenjangan sosial secara menyeluruh, keberpihakan kepada masyarakat, kelompok dan wilayah/daerah yang masih lemah serta menanggulangi kemiskinan dan pengangguran secara signifikan. Saat ini, di Indonesia, jumlah pengangguran, menurut data Statistik Tenaga Kerja Indonesia tahun 2014 adalah sebanyak 7.244.905 orang dan 9,5 % di antaranya adalah pengangguran terdidik (lulusan program diploma dan S1 (http://www.bps.go.id).

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab tingginya angka pengangguran berpendidikan tinggi ini, diantaranya adalah ketidaksesuaian antara pemerolehan kompetensi pendidikan dengan kebutuhan/persyaratan lapangan kerja yang tersedia, atau ketidakseimbangan antara permintaan dengan penawaran, serta kualitas SDM yang dihasilkan. Kondisi ini juga diperlihatkan oleh perbandingan jumlah tenaga kerja yang ada berdasarkan tingkat pendidikan, dimana tenaga kerja berpendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dengan berpendidikan tinggi 5:1.

Dalam rangka menunjang pelaksanaan program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja, dan menyiapkan lulusan Universitas Pattimura (Unpatti) untuk bersaing di pasar kerja yang makin kompetitif, Unpatti harus memfasilitasi upaya peningkatan kebekerjaan (employability) lulusannya. Hal ini juga merupakan bentuk tanggung jawab Unpatti kepada masyarakat dalam hal relevansi outcome-nya. Lulusan yang berhasil dan secara profesional sukses pada saatnya akan menjadi salah satu aset utama Institusi dan kontribusinya bagi dunia pendidikan tinggi akan menjadi signifikan. Oleh sebab itu Unpatti telah membentuk dan akan menjalankan fungsi Pusat Pengembangan Karir yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan meniti sukses karir professional setelah meninggalkan pendidikan tinggi. Dalam rangka merealisasikan fungsi lembaga tersebut, maka perencanaan program dan kegiatan adalah point strategis untuk menjawab kebutuhan pembinaan dan pelayanan karier bagi mahasiswa dan alumni Unpatti.

2. Dasar Penyusunan

Dasar Penyusunan Rencana Kerja Pusat Pengembangan Karier Unpatti adalah:

  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
  • Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
  • Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 Tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi;
  • Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  • Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pattimura;
  • SK Rektor Unpatti Nomor Tentang Rencana Strategis Unpatti Periode 2016-2020;
  • SK Rektor Unpatti Nomor 616/UN13/SK/2016 Tentang Pengangkatan Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karier Universitas Pattimura.

3. Tujuan Penyusunan Rencana Kerja Pusat Pengembangan Karir

Tujuan penyusunan Rencana Kerja Pusat Pengembangan Karir Unpatti adalah:

  • Menjabarkan Visi, Misi dan Rencana Strategis Unpatti ke dalam Rencana Kerja Pusat Pengembangan Karir secara operasional;
  • Memberikan arah bagi perencanaan program dan kegiatan tahunan Pusat Pengembangan Karir Unpatti;
  • Sebagai dokumen acuan dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi ketercapaian tujuan program dan kegiatan tahunan dan evaluasi ketercapaian sasaran, tujuan, misi dan visi Pusat Pengembangan
  • Karier yang pada gilirannya mendukung pencapaian sasaran, tujuan dan misi dan visi Unpatti yang relevan.

4. Profil Pusat Pengembangan Karir UNPATTI

Struktur Organisasi

Pengelolaan Pusat Pengembangan Karier Universitas Pattimura di lakukan oleh Tim Ad-Hoc yang dibentuk berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 616/UN13/SK/2016 tertanggal 7 Juni 2016 Tentang Pengangkatan Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karier Universitas Pattimura dengan Komposisi Personalia sebagai berikut;

  • Penanggung Jawab: Prof. Dr. M. J. Sapteno, SH, M.Hum (Rektor)
  • Pengarah: Drs. Adriani Bandjar, M.Sc  (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni)
  • Ketua : Dr. Ir. A. W. Soumokil, M.Si
  • Sekretaris: Johan Marcus Tupan, ST, MT
  • Bidang Pelayanan Informasi dan Rekrutmen:
    A. Sinay, S.Si, M.Si
    Dr. Joice Lopulalan, M.Si
  • Bidang Kerjasama:
    Dr. Revency V. Rugebregt, SH, MH
    Dr. Joseph Papilaya, M.Si
  • Bidang Pelatihan:
    Dr. A. Matitaputy, M.Si
    Dr. R. Rolobessy, M.Si
  • Bidang Kewirausahaan:
    Dr. Ir. I. Sangadji, M.Si
    Dra. Josephina Mainasse, M.Kes

Tugas Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karier

Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karier Universitas Pattimura, bertugas:

  1. Melaksanakan Campus Recruitment bagi lembaga dan industri;
  2. Menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan karier bagi mahasiswa dan alumni memasuki pasar kerja;
  3. Menyelenggarakan program pelatihan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya mahasiswa dan alumni memasuki pasar kerja.

Problematika Pengembangan dan Pelayanan Karier Unpatti
Problematika pengembangan dan pelayanan karier Unpatti adalah sebagai berikut;

  • Belum maksimalnya evaluasi dan pengembangan kerjasama dan jejaring kemitraan dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah dan non pemerintah untuk mendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni;
  • Kurangnya program peningkatan kapasitas sumber daya mahasiswa dan alumni;
  • Belum optimalnya pengelolaan pusat pengembangan karier secara efektif, transparan dan akuntabel;
  • Kurangnya program peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengelola Pusat Pengembangan Karier secara berkelanjutan.

Pengelolaan Pusat Pengembangan Karier
Pengelolaan Pusat Pengembangan Karier di Unpatti dapat dilihat pada Gambar 1.

CDC Unpatti

Gambar 1. Pengelolaan Pusat Pengembangan Karier Unpatti

5. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Visi: Visi Pusat Pengembangan Karier Unpatti merupakan penjabaran dari Visi Unpatti. Rumusan Visi tersebut adalah sebagai berikut; “Menjadi Pusat Pengembangan dan Pelayanan Karir Yang Bermutu dan Berkarakter”

Misi: Sejalan dengan Visi, Misi Pusat Pengembangan Karier Unpatti juga merupakan penjabaran dari Misi Unpatti. Rumusan Misi tersebut adalah sebagai berikut;

  • Mengembangkan layanan informasi dan rekrutmen secara berkelanjutan.
  • Membina calon-calon sarjana Unpatti secara terencana, terstruktur, terukur untuk memiliki pengetahuan, ketrampilan dan pengembangan diri memasuki dunia kerja;
  • Mengembangkan kemitraan strategis antara Unpatti dengan dunia kerja;

Tujuan
Mengembangkan kerjasama dan jejaring kemitraan dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah dan non pemerintah untuk mendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni;Meningkatkan kapasitas sumber daya mahasiswa dan alumni;Mengembangkan tata kelola pusat pengembangan karier secara efektif, transparan dan akuntabel; Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola Pusat Pengembangan Karier secara berkelanjutan.

Sasaran dan Strategi

Tujuan 1: Mengembangkan kerjasama dan jejaring kemitraan dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah dan non pemerintah untuk mendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni.

Sasaran

Tersedianya Dokumen MoU dan MoA dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah maupun non pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan pembinaan karier bagi mahasiswa dan alumni;
Terbentuknya jejaring kelembagaan secara lokal, regional, nasional sebagai satu komunitas pengembangan karir di perguruan tinggi.

Strategi

  1. Evaluasi dan pengembangan kerjasama relevan yang telah dilakukan terkait pembinaan dan pelayanan karir mahasiswa dan alumni;
  2. Mengoptimalkan keterlibatan CDC Unpatti dalam keanggotaan Pusat Karir Nasional.

Tujuan 2: Meningkatkan kapasitas sumber daya mahasiswa dan alumni

Sasaran

  1. Tersedianya Dokumen MoU dan MoA dengan lembaga penyedia kerja baik pemerintah maupun non pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan pembinaan karier bagi mahasiswa dan alumni;
  2. Terbentuknya jejaring kelembagaan secara lokal, regional, nasional sebagai satu komunitas pengembangan karir di perguruan tinggi.

Strategi

  1. Mengembangkan Berbagai  Pelatihan Dasar Kewirausahaan;
  2. Mengupayakan peningkatan ketrampilan mahasiswa dan alumni dalam memasuki dan memperoleh pekerjaan;
  3. Melaksanakan pertemuan ilmiah terkait pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni;
  4. Melaksanakan studi penelusuran alumni secara reguler;
  5. Membantu lulusan dalam pemeilihan pekerjaan yang sesuai berupa assessment beserta pemberian saran dan masukan yang bersifat individual.

Tujuan 3: Mengembangkan tata kelola pusat pengembangan karier secara efektif, transparan dan akuntabel

Sasaran

  1. Terkonsolidasinya Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karir dan bersinergi dengan unit kerja terkait dalam lingkup Unpatti untuk mendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni;
  2. Tersedianya dokumen perencanaan program dan kegiatan tahunan;
  3. Tersedianya dokumen pedoman pengembangan karier;
  4. Terimplementasinya program dan kegiatan tahunan sesuai skala prioritas;
  5. Tersedianya laporan Evaluasi program dan kegiatan tahunan yang dapat diakses oleh berbagai pihak;
  6. Tersedianya sistem informasi karir berbasis web yang terkelola secara berkelanjutan;
  7. Tersedianya sarana dan prasarana pendukung pembinaan dan pelayanna karier secara bertahap.

Strategi

  1. Memaksimalkan fungsi kooridinasi dan komunikasi secara internal tim pengelola dan eksternal dengan unit kerja terkait;
  2. Menyusun Dokumen Perencanaan Pusat Pengembangan Karir;
  3. Menyusun Pedoman Pengembangan Karier;
  4. Melaksanakan moneva program dan kegiatan tahunan secara reguler;
  5. Mengembangkan sistem informasi karir berbasis website;
  6. Mengembangkan bursa kerja online dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
  7. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung pembinaan dan pelayanan karir bagi mahasiswa dan alumni.

Tujuan 4: Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola Pusat Pengembangan Karier secara berkelanjutan

Sasaran

  1. Meningkatnya  ketersediaan SDM Pengelola berkompeten sesuai bidang pembinaan dan pelayanan;
  2. Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan pengembangan diri SDM pengelola Pusat Pengembangan Karier.

Strategi

  1. Merekrut sumber daya manusia internal Unpatti yang berkompeten untuk mendukung program pembinaan dan pelayanan karier bagi  mahasiswa dan alumni;
  2. Mengikutsertakan Anggota Tim Pengelola Pusat Pengembangan Karir pada kegiatan peningkatan kapasitas yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi negeri maupun swasta.

6. Program dan Kegiatan

A. Bidang Pelayanan Informasi dan Rekrutmen

Bidang Pelayanan Informasi dan Rekrutmen         
NoProgramKegiatanWaktu Implementasi Tahun 2016Sumber Dana Tahun 2017…
AgtSepOktNopDes---
1Pelayanan Studi Penelusuran Alumni (Tracer Study)1. Update Data Mahasiswa dan AlumnixxDIPA Unpatti
2. Pelatihan Analisis, Presentasi dan Pelaporan Tresure StudyxDIPA Unpatti
3. Tracer StudyxDIPA Unpatti
3.1. Penyiapan Panduan Tresure Study dan SOP
3.2. Penyiapan Instrumen
3.3. Pengumpulan dan Tabulasi Data
3.4. Analisis data
3.5. Pelaporan
2Pelayanan Konseling Karier1. Konsultasi Kerja dan KarierxDIPA Unpatti
3Pengembangan Bursa Kerja dan Bursa Kerja Online1. Sosialisasi dan PromosixDIPA Unpatti
2. Update Bursa Kerja OnlinexxDIPA Unpatti
3. Job FairxDIPA Unpatti
4. Career ExpoxDIPA Unpatti
4Penyusunan Dokumen Perencanaan Pusat Pengembangan Karier4.1. Penyiapan Panduan Penyusunan Rencana Pusat Pengembangan Karier dan SOPxDIPA Unpatti
4.2. Penyiapan Data Pendukungx
4.3. Analisis Datax
4.4. Penyusunan Dokumen oleh Timx
4.5. Presentasi dan Finalisasix
4.6. Penggandaan dan Penjilidanx
5Penyusunan Dokumen Pembinaan dan Pelayanan Karier5.1. Penyiapan Panduan Penyusunan Dokumen Pembinaan dan Pelayanan Karier dan SOPxDIPA Unpatti
5.2. Penyiapan Data Pendukungx
5.3. Penyusunan Dokumen oleh Timx
5.4. Presentasi dan Finalisasix
5.5. Penggandaan dan Penjilidanx
6Evaluasi Program dan Kegiatan6.1. Penyiapan Panduan Monev dan SOPxDIPA Unpatti
6.2. Pelaksanaan Monevx
6.3. Pelaporanx
7Pengembangan Sistem Informasi Karier Berbasis Web1. Pengembangan Website Pusat Pengembangan Karier UnpattixDIPA Unpatti
2. Update Konten dan Informasi di WebxxxxDIPA Unpatti
8Penyediaan Sarana dan Prasarana Pendukung Pembinaan dan Pelayanan Karier1. Pengadaan Mebuler KantorxDIPA Unpatti
2. Pengadaan ATK dan BHPxxDIPA Unpatti
9Peningkatan Kapasitas Pengelola Pusat Pengembangan Karier1. Pelatihan Konseling Kerja dan KarierxDIPA Unpatti
2. Rekrutmen Tenaga Terlatih Sesuai Bidang Pembinaan dan Pelayanan KarierxDIPA Unpatti
10Perluasan Cabang Ikatan Alumni di Seluruh Indonesia10.1. Pembentukan Cabang Ikatan AlumnixDIPA Unpatti
10.2. Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Cabangx
11Peningkatan Peran Alumni Untuk Meningkatkan Promosi Bagi Unpatti1. Temu AlumnixDIPA Unpatti
12Peningkatan Peran Alumni Untuk Meningkatkan Revenue Generating1. Program Partisipasi AlumnixDIPA Unpatti

B. Bidang Kerjasama

NoProgramKegiatanWaktu Implementasi Tahun 2016Sumber Dana Tahun 2017…     
AgtSepOktNopDes---
1Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dan Alumni1. Program Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis WebxDIPA Unpatti
2. Pelatihan Pengembangan Program Soft Skill (interview skill, confidence, motivation)xDIPA Unpatti
3. Seminar Karier (Strategi Memasuki Dunia Kerja)xDIPA Unpatti
4. Program Kreativitas Mahasiswa di Bidang Penelitian, Pengabidan Kepada Masyarakat dan Penerapan TeknologixDIPA Unpatti
5. Pelatihan Kepemimpinan (net work building, presentation skill, problem solving)xDIPA Unpatti
6. Program Magang, Kerja Praktek, PPLxDIPA Unpatti
7. Penyediaan Kelas TOEFL, TPA dan Penulisan Karya IlmiahxDIPA Unpatti
8. Uji Kompetensi Mahasiswa di Program StudixDIPA Unpatti

C. Bidang Kewirausahaan

NoProgramKegiatanWaktu Implementasi Tahun 2016Sumber Dana Tahun 2017…     
AgtSepOktNopDes
1Pelatihan Dasar Kewirausahaan1.1. Pembentukan Tim Pelaksana KegiatanxDIPA Unpatti
1.2. Penyiapan Panduan Pelatihan dan SOPX
1.3. Penyiapan Modul PelatihanX
1.4. Penyiapan Instruktur/PelatihX
1.5. Pelaksanaan PelatihanX
1.6. Monev dan PelaporanX
2Pelatihan Menengah Kewirausahaan2.1. Pembentukan Tim Pelaksana KegiatanXDIPA Unpatti
2.2. Penyiapan Panduan Pelatihan dan SOPX
2.3. Penyiapan Modul PelatihanX
2.4. Penyiapan Instruktur/PelatihX
2.5. Pelaksanaan PelatihanX
2.7. Monev dan PelaporanX
3Program Mahasiswa Kewirausahaan3.1. PengumumanXDIPA Unpatti
3.2. Penerimaan BerkasX
3.3. Pembentukan Tim SeleksiX
3.4. SeleksiX
3.5. Pengumuman Hasil SeleksiX
3.6. Implementasi ProgramX
3.7. Monitoring dan EvaluasiX
4Pembentukan Pusat Galeri Produk/Jasa Mahasiswa1. Pembentukan Galeri Produk/Jasa MahasiswaxDIPA Unpatti

7. Penutup
Demikianlah Rencana Kerja Pusat Pengembangan Karier Unpatti Tim susun sebagai acuan dalam penyusunan program dan kegiatan tahunan. Rancangan Rencana Kerja ini tentunya membutuhkan pembobotan dari berbagai pihak, oleh karenanya pikiran konstruktif sangatlah dibutuhkan untuk memperkaya dokumen perencanaan ini demi kemanfaatannya bagi pembinaan dan pelayanan bagi mahasiswa dan lulusan Unpatti.

Ambon,  Agustus 2016

Tim Pengelola Pusat Pengambangan Karier
Universitas Pattimura